Pelatihan Penanganan Kesehatan Mental
UGM Gelar Pelatihan Penanganan Kesehatan Mental. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM melalui Direktorat Sumber Daya Manusia menyelenggarakan pelatihan Peningkatan Kapasitas Pusat Kemanan, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (PK4L) dalam penanganan kesehatan mental.

Pelatihan kesehatan mental diselenggarakan dalam dua batch, tanggal 22 dan 26 Juni 2023. Adapun kegiatan tersebut diikuti koordinator dan anggota PK4L di seluruh fakultas/sekolah, kantor pusat UGM dan UGM Residence.

Dalam kegiatan menghadirkan beberapa narsumber yang menyampaikan paparan tentang persoalan kesehatan mental di kampus. Salah satunya, Kepala PK4L Arif Nurcahyo, S.Psi., M.A., yang memaparkan peran penting PK4L dalam mengatasi persoalan kesehatan mental. Oleh sebab itu perlu peningkatan pemahaman dan pelatihan untuk melakukan berbagai upaya pencegahan permasalahan kesehatan mental.

Dalam kesempatan tersebut, Arif juga menyampaikan prinsip-prinsip dasar pertolongan psikologis pertama. Selain itu, ia juga menjelaskan tentang prosedur menghadapi kedaruratan dalam upaya menyakiti diri atau orang lain atau bunuh diri. Turut didiskusikan cara-cara mensikapi laporan upaya bunuh diri dan orang lain.

Baca Juga :  Crosser Astra Honda Delvintor Lanjutkan Aksinya Bersama CRF250R di MXGP Portugal

Kegiatan pelatihan ini digelar untuk mendukung upaya dalam mewujudkan kampus sehat, termasuk kesehatan mental bagi seluruh sivitas UGM. Kesehatan mental merupakan satu dari delapan program Health Promoting University (HPU) yang diinisasi sejak tahun 2019 silam.

Selain kesehatan mental, program HPU lainnya adalah literasi kesehatan, peningkatan aktivitas fisik, pola makan sehat, zero tolerance terhadap kekerasan, perundungan dan pelecehan, zero tolerance narkoba, tembakau, dan alkohol, serta pembentukan lingkungan hidup sehat, aman dan disabled friendly, serta kesehatan reproduksi. Tak hanya itu, kegiatan ini juga seiring dengan komtimen UGM dalam mendorong pencapaian pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya poin 3 yakni menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News