Hujan
Tips #Cari_Aman Berkendara di Musim Hujan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Akhir-akhir ini pulau Bali diguyur hujan deras, banjir dimana-mana. Bagi pengendara motor banyak yang harus dipersiapkan sebelum menggunakan sepeda motor di musim hujan ini. Tidak hanya persiapan diri, tingkat kewaspadaan tinggi juga menjadi hal penting.

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius memberikan tips persiapan saat berkendara di musim hujan.

  1. Persiapan Diri, memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan karena hal ini mempengaruhi fokus ketika berkendara saat hujan melanda.
  2. Pengecekan Rem, memastikan kondisi pengereman baik karena pengereman saat hujan usahakan porsi mengerem seimbang 50/50 untuk rem depan dan rem belakang dan meremas tuas lebih halus.
  3. Pengecekan Ban dan Lampu, memastikan dapat berfungsi dengan baik. Lampu wajib menyala untuk membantu pengendara melihat jalan dengan jelas dalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air. Sedangkan ban adalah salah satu bagian penting yang harus dicek apakah masil layak atau sudah aus atau gundul terlebih digunakan saat kondisi hujan.
Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

Selain hal-hal tersebut diatas, perlengkapan berkendara lainnya juga harus dipersiapkan yakni:

  1. Jas Hujan : Pilih jas hujan model 2 piece jangan 1 piece (ponco) karena jas hujan tersebut rawan terselip di kendaraan lain dan mengganggu kestabilan saat  pengendara terkena angin. Pilih bahan yang tebal, lebih kuat dan air tidak mudah merembes. Pilihlah warna yang mencolok agar mudah terlihat pengendara lain saat malam.
  2. Untuk menambah keamanan gunakanlah cover jas hujan untuk sepatu, hal ini untuk melindungi sepatu agar tidak basah.
  3. Saat menyimpan jas hujan jangan langsung dijemur tepat di bawah terik matahari, cukup diangin-anginkan dan simpan dalam suhu kamar untuk menjaga kualitas bahan
Baca Juga :  Edukasi Unik, Duta Anak Denpasar Berbagi Takjil Sembari Kampanye Anti Kekerasan Pada Anak

Ketika hujan tidak reda, coba kurangi kecepatan, hindari pengereman mendadak agar ban tidak slip akibat jalan licin. Upayakan menjaga jarak antar pengendara lainnya terlebih jarak pandang pendek untuk mengindari terjadinya kecelakaan.

Kewaspadaan tetap dijaga karena hujan yang terus turun akan mengakibatkan air tergenang dan bisa jadi ada jalanan berlubang yang dapat membahayakan pengendara. Jika hujan terus-menerus deras, sebaiknya berteduh di tempat yang aman tidak di bawah pohon untuk menghindari potensi pohon tumbang. Apabila hujan masih sangat lebat sebaiknya menepi dan menunggu hujan agak reda, tidak disarankan untuk melanjutkan perjalananan.

Baca Juga :  Naluriku Menari Siap Digelar di Kota Denpasar, Jadi Ruang Kreativitas untuk Asah Skill Generasi Muda di Bidang Seni Tari

“Sejumlah tips berkendara saat kondisi hujan dan persiapan–persiapan yang perlu dilakukan adalah salah satu upaya untuk tetap #Cari_Aman dan selalu safety riding dikondisi apa pun saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor,” ungkap Yoyo.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News