Tentara Manunggal Masuk Desa
Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023, Kodim 1611/Badung di Abiansemal, Rabu (12/7/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1611/Badung, Letkol Arh Teguh Waluyo menyebut, salah satu sasaran fisik pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-117 Tahun Anggaran (TA) 2023, adalah membangun jalan untuk para petani mangangkut hasil bumi di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Badung, Rabu (12/7/2023).

“Pemilihan tempat dilaksanakan TMMD kali ini sudah melalui berbagai tahapan secara bottom up dengan maksud bahwa TMMD ini merupakan kegiatan yang terpadu, terintegrasi untuk merangsang partisipasi dan swadaya masyarakat dalam pembangunan di pedesaan guna membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Dandim Teguh.

Dandim menjelaskan, bahwa kegiatan kali ini dilaksanakan di Subak Karang Gadon, Desa Darmasaba, Abiansemal, rencana akan dikerjakan sekitar 1 bulan mulai tanggal 12 Juli – 10 Agustus 2022, meliputi kegiatan fisik pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 1.473,5 meter dan lebar 1,5 meter termasuk pembuatan gorong-gorong serta drainase, dengan dukungan sarana dari Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Badung dengan nilai mencapai Rp1,165 miliar, dimana pengerjaannya dilaksanakan oleh personel Kodim 1611/Badung bersama masyarakat dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi sektor pertanian serta UMKM lainnya.

“Kegiatan lain yang dilaksanakan bukan hanya fisik saja namun juga terdapat kegiatan non fisik seperti Penyuluhan Bela Negara, Wasbang, Pertanian dan Peternakan, KB dan Kes, Hukum dan Kamtibmas, Narkoba, Lingkungan Hidup, Bahaya Terorisme dan Radikalisme, Stunting serta Pengobatan dan Pemberian Kaca Mata Gratis,” jelasnya.

Baca Juga :  IHGMA DPD Bali Gelar Rakerda IV, Mendorong Pariwisata Menuju Regeneratif

Sementara itu, dalam apel pembukaan megiatan TMMD ke-117 Tahun 2023 Kodim 1611/Badung, yang mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, S.H, mewakili Bupati Badung karena berhalangan hadir menyampaikan, program pembangunan fisik dan non-fisik di tingkat desa sebagai cerminan kegotongroyongan antara TNI dengan Pemerintah Daerah, Polri, Pemerintah Desa dan Masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Pangdam Udayana dan jajarannya Korem Wira Satya khususnya Kodim Badung yang telah merencanakan dan melaksanakan kegiatan dengan sangat totalitas dan penuh semangat untuk membangun dan memajukan desa melalui TMMD,” ungkap Sekda.

Baca Juga :  Peringatan HUT Ke-7 Jagabaya Dulang Mangap

Selanjutnya, Komandan Korem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Agus M. Latif turut menghadiri kegiatan apel tersebut menambahkan, kegiatan TMMD ke-117 Tahun 2023 ini juga bertujuan merangsang partisipasi masyarakat dalam membangun desa, sehingga percepatan pembangunan di daerah dapat cepat tercapai atas dasar sinergitas.

“Tujuannya, untuk bahu-membahu membangun desa, memajukan desa menuju desa mandiri, sekaligus bagian dari upaya besar bangsa dalam menciptakan Ketahanan Nasional,” tutupnya. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News