Advokasi Implementasi Transisi PAUD-SD
Sagung Antari Jaya Negara Hadiri Advokasi Implementasi Transisi PAUD-SD Provinsi Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menghadiri pembukaan kegiatan Advokasi Implementasi Transisi PAUD-SD Ke Bunda PAUD yang diselenggarakan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali, Senin (24/7/2023) di Hotel Plagoo, Nusa Dua. Pelakaanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat mendukung penyelarasan pembelajaran PAUD-SD. Sehingga peserta didik SD PAUD dan peserta SD yang tidak pernah mengikuti PAUD, tetap dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi.

Kegiatan advokasi ini diselenggarakan selama 3 hari, yakni dari tanggal 24-26 Juli, serta diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari Bunda PAUD dari tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan se-Provinsi Bali, jajaran Disdikpora, IGTKI, Himpaudi dan juga unsur Kemenag.

Adapun materi yang disampaikan dalam kesempatan tersebut yakni, Deteksi Dini Gangguan Perkembangan Anak di PAUD dan TK, Kemampuan Fondasi pada jenjang PAUD dan SD kelas awal dan juga Strategi Implementasi Transisi PAUD-SD.

Selain itu disampaikan juga materi seputar Peran Bunda Paud TK & PKK dalam transisi PAUD, serta pembahasan mengenai Gerakan Sekolah Sehat.

Baca Juga :  Pilkada Badung 2024, Gusde Mahendra: Pemuda Badung Selektif Menentukan Pilihan

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara berpesan pada para peserta perwakilan Kota Denpasar, agar dapat mengikuti kegiatan advokasi ini dengan sebaik-baiknya.

“Untuk menunjang keberhasilan transisi PAUD-SD diperlukan adanya komunikasi dan sinergitas dari pendidik, orang tua maupun pemerintah. Kami di organisasi Bunda PAUD Kota Denpasar siap mendukung untuk segala program berkaitan dengan proses transisi PAUD-SD ini. Untuk itu, saya berharap para Bunda PAUD Kecamatan maupun para pendidik dari Kota Denpasar agar mengikuti kegiatan advokasi ini dengan baik,” kata Ny. Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Rektor Unud Terima Audiensi Jajaran AMSI Bali, Dukung Kolaborasi untuk Sebarkan Informasi Baik

Seperti yang diketahui, Transisi PAUD-SD merupakan penyelarasan pembelajaran PAUD-SD yang bertujuan agar peserta didik SD PAUD dan peserta SD yang tidak pernah mengikuti PAUD, tetap dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi.

Terkait pelaksanaan kegiata advokasi ini, dalam sambutannya, Kepala BPMP Provinsi Bali, I Made Alit Dwitama mengatakan, tujuan pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini, salah satunya adalah untuk menguatkan komitmen para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi menyukseskan Gerakan Transisi PAUD-SD.

“Melalui kegiatan Advokasi Implementasi Transisi PAUD-SD yang kita berikan kepada Bunda PAUD kita juga bermaksud untuk menguatkan komitmen para pemangku kepentingan untuk menyukseskan transisi PAUD-SD. Selain itu, lewat kegiatan ini juga kami gunakan untuk mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal,” jelas Alit Dwitama.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Tutup Gelaran Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024

Selain itu, lanjut Alit Dwitama, proses Transisi PAUD-SD juga memerlukan penyusunan strategi dalam mengimplementasikannya sesuai dengan peran dan fungsi para pihak terkait.

“Penyusunan strategi ini menjadi penting dilakukan agar kita juga bisa membuat anak merasa senang dalam belajar dan bersekolah.  Oleh karena itu, transisi dari PAUD-SD merupakan periode sangat penting dalam menumbuhkan rasa senang anak dalam belajar dan bersekolah. Untuk menyukseskan proses berjalannya Transisi PAUD-SD ini diperlukan peran berbagai pihak yaitu pemerintah, satuan pendidikan, Dinas Pendidikan dan orang tua dalam lingkaran stakeholder pendidikan lainnya,” imbuh Alit Dwitama.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News