Pap Smear
Program Studi Spesialis Patologi Anatomi Tingkatkan Peran Bidan Dalam Edukasi dan Pemeriksaan Pap Smear. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Departemen dan Program Studi Spesialis Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk training of trainer mengenai ‘Penguatan Kompetensi dan Peran Bidan Nusa Penida dalam Edukasi dan Pemeriksaan Papsmear’.

Kegiatan ini dilaksanakan berupa pelatihan bidan dalam edukasi dan pemeriksaan papsmear, dilanjutkan dengan penyuluhan kanker serviks dan pemeriksaan papsmear gratis bagi masyarakat.

Bertempat di Puskesmas Nusa Penida-I, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung-Bali pada 21 Juli 2023, kegiatan ini melibatkan sebanyak 10 bidan yang dilatih sebagai trainer untuk nantinya melatih semua bidan se-Nusa Penida.

Selain bidan, terdapat 30 orang masyarakat yang hadir dengan sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan kanker serviks dan pemeriksaan papsmear di Puskesmas, dan nantinya 70 wanita lagi akan mendapat pelayanan yang sama melalui bidan yang sudah dilatih di pustu masing-masing.

Baca Juga :  Kadis Made Astika Komitmen Bangun Pendidikan, Olahraga dan Kepemudaan Secara Merata di Buleleng

Diharapkan melalui kegiatan ini, Nusa Penida bisa mandiri melaksanakan sampling pap smear, serta pengetahuan dan kepedulian masyarakat mengenai kanker serviks bisa semakin meningkat dan lebih baik.

Acara diawali dengan sambutan oleh Koordinator Program Udayana Mengabdi, Dr. dr. Ni Wayan Winarti, Sp.PA, Subsp.U.R.L (K), dilanjutkan dengan sambutan dari, dr. I Ketut Apriantara selaku Kepala Puskesmas Nusa Penida-I yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Pada kesempatan ini, topik pelatihan dipaparkan oleh 3 narasumber yaitu:

  1. Koordinator Program Studi Spesialis Patologi Anatomi FK Udayana, Dr. dr.Ni Putu Sriwidyani, Sp.PA, Subsp.S.M(K), dengan topik ‘Kanker leher rahim dan pencegahannya’.
  2. dr. Ni Putu Ekawati M.Repro, Sp.PA, dengan topik ‘Teknik pengambilan sampel, fiksasi dan tata cara pengiriman sampel papsmear dengan benar’.
  3. dr. Luh Putu Iin Indrayani Maker, Sp.PA, Subsp.S.P(K)., dengan judul ‘Interpretasi hasil papsmear dan tindak lanjut pasien’.
Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Ketua Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. I Wayan Juli Sumadi, Sp.PA., Subsp.M.S (K)., Prof. Dr. dr. I.G.A Sri Mahendra Dewi, Sp.PA., Subsp.O.G.P(K)., serta melibatkan mahasiswa KKN Desa Batununggul, Nusa Penida. Diharapkan melalui kegiatan ini pengetahuan dan kepedulian masyarakat mengenai kanker serviks bisa semakin lebih baik lagi. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News