PPDB
Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama (kiri); didampingi Ketua Panitia PPDB, AA Putu Gede Astara, saat penetapan hasil seleksi PPDB. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Rangkaian penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kota Denpasar tahun ajaran 2023/2024, telah berakhir pada Sabtu (1/7/2023) lalu. PPDB ditutup dengan pendaftaran jalur zonasi bina lingkungan, dan hasilnya diumumkan pada Senin (3/7/2023) melalui website PPDB.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, AA Gede Wiratama; didampingi Ketua Panitia PPDB, AA Putu Gede Astara, menegaskan, pelaksanaan PPDB SMP negeri di Kota Denpasar berlangsung sukses, tanpa kendala yang berarti. Agung Wiratama mengucapkan terima kasih kepada para operator sekolah yang telah bekerja keras, sigap dan senantiasa melakukan komunikasi dengan tim helpdesk di Kantor Disdikpora Kota Denpasar.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya yang telah mengantarkan PPDB berjalan lancar dan aman,” ucap Agung Wiratama, Sabtu (1/7/2023) lalu.

Di sisi lain, Agung Wiratama mengingatkan seluruh calon siswa baru SMP negeri yang sudah dinyatakan lulus PPDB, wajib melakukan daftar. Daftar ulang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 4 sampai dengan 6 Juli 2023. Pendaftaran ulang dilaksanakan secara online.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

“Bagi calon peserta didik baru pada sekolah menengah pertama negeri  yang dinyatakan diterima sesuai jalur pendaftaran wajib menandatangani surat pernyataan daftar ulang dan mengunggah pada situs https://denpasar.siap-ppdb.com,” terang Agung Wiratama.

Untuk proses daftar ulang, sambung Agung Wiratama, tidak ribet. Ikuti syarat dan prosedur daftar ulang dan manfaatkan waktu tiga hari masa pendaftaran ulang.

“Ingat, calon peserta didik baru yang tidak melakukan daftar ulang, maka dianggap telah mengundurkan diri,” tegas Agung Wiratama.

Agung Wiratama menyebutkan, dalam PPDB tingkat SMP di Kota Denpasar tahun ajaran 2023/2024 ini telah disiapkan kuota sebanyak 5.600 peserta didik pada 16 SMP negeri.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

“Kuota PPDB jenjang SMP negeri sebanyak 5.600 peserta didik. Adapun total keseluruhan SMP negeri di Kota Denpasar sebanyak 16 sekolah,” sebutnya.

PPDB SMP negeri telah dimulai sejak 19 Juni 2023. Diawali pandaftaran jalur prestasi pada 19-20 Juni 2023, dan hasil seleksinya diumumkan pada 22 Juni 2023. Berikutnya pendaftaran jalur perpindahan tugas orangtua/wali dan afirmasi pada 22-23 Juni 2023, dan hasil seleksi diumumkan pada 24 Juni 2023.

Pendaftaran jalur zonasi umum dilaksanakan pada 26-28 Juni 2023, dan hasil seleksi diumumkan pada 29 Juni 2023. Terakhir pendaftaran jalur zonasi bina lingkungan pada 30 Juni – 1 Juli 2023, dan hasil seleksinya diumumkan pada 3 Juli 2023.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

Adapun pembagian jalur tersebut terdiri dari jalur zonasi dibagi menjadi dua yakni jalur zonasi umum dengan kuota 50 persen dan jalur zonasi bina lingkungan dengan kuota 10 persen. Sementara jalur prestasi dibagi menjadi dua yakni prestasi akademik dengan kuota 6 persen dan prestasi nonakademik 25 persen.

Untuk jalur prestasi nonakademik kembali dibagi menjadi prestasi nonakademik Utsawa Dharma Gita (2 persen), lomba bulan bahasa Bali (2 persen), olahraga (10 persen), seni (6 persen), dan Pesta Kesenian Bali (5 persen).

“PPDB tingkat SMP negeri menggunakan beberapa jalur seperti jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan tugas orangtua, zonasi umum dan zonasi bina lingkungan,” pungkasnya.(tha/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News