Unud
Pelatihan Pupuk Organik Cair dari Limbah Kulit Pisang di Desa Sanding. Sumber Foto: Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Kimia FMIPA Universitas Udayana melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di Desa Sanding, kecamatan Tampak Siring Kabupaten Gianyar pada Minggu (23/7/2023). 

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini merupakan salah satu perwujudan dari tri darma perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengimplementasikan hasil penelitian kepada masyarakat.

Kegiatan PkM yang diketuai oleh Dr. Dra. Ida Ayu Raka Astiti Asih, M.Si., berjudul ‘Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan Kompos Berbahan Dasar Kulit Pisang (Musa x paradisiaca)’.

Tim PkM Program Studi Kimia bertujuan untuk memperkenalkan bagaimana memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan aktif dalam pembuatan pupuk organik cair dan kompos.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Sanding, Kompyang Ambarayusa, S.T., yang membuka kegiatan tersebut.

Pupuk organik berbahan dasar pisang memiliki manfaat luar biasa bagi tanaman karena mengandung kalium. 

“Kalium (K) merupakan unsur hara makro esensial bagi tanaman, berfungsi merangsang pembentukan bunga dan buah, serta meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit,” ungkap Ida Ayu Raka Astiti Asih.

Pupuk Organik Cair ini dibuat dengan cara fermentasi menggunakan EM4 sebagai bioaktivator, serta memanfaatkan produk samping pembuatan POC sebagai Kompos. 

Baca Juga :  60 Guru Buleleng Sandang Predikat Guru Penggerak

Pelatihan ini bertujuan membantu ibu-ibu PKK Desa Sanding dalam berwirausaha dalam skala home industry dengan memanfaatkan sampah organik di sekitar rumah, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ibu-ibu.

Kegiatan PkM ini merupakan bagian dari Program Udayana Mengabdi, sebuah skema PkM yang dimiliki oleh Universitas Udayana. 

Kegiatan ini juga difasilitasi oleh LPPM Unud dan dibantu oleh 4 orang anggota, yaitu Prof. Dr. Dra. Wiwik Susanah Rita, M.Si., Prof. Dr. Dra. I Wayan Bogoriani, M.Si., Dr. Drs. I Wayan Suirta, M.Si., dan Putu Udayani Prayika Putri, S.Si., M.Si., serta didukung oleh 16 Mahasiswa KKN PUM Unud ke XXVII 2023. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News