Menuju Indonesia Emas 2045
Menhub Budi Karya Ajak Maba UGM Kejar Gap Inovasi Menuju Indonesia Emas 2045. Sumber Foto : Firsto

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memberikan wejangan dan motivasi bagi mahasiswa baru UGM dalam upacara pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Graha Sabha Pramana, Senin (31/7/2023).

Di hadapan 10.106 mahasiswa baru, Budi Karya mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang diterima kuliah di UGM. Ia meyakini, bahwa para Gadjah Mada Muda (Gamada) mampu menjadi inisator yang bisa memberi kemajuan bagi bangsa.

“Saya ucapkan selamat datang di kampus terkemuka. Kita semua bangga menjadi bagian dari UGM,” tuturnya.

Ia menyebutkan, bahwa UGM merupakan kampus yang berhasil menduduki rangking 12 tingkat Asia Tenggara dan peringkat 1 di Indonesia. Oleh karenanya, berhasil masuk menjadi bagian dari UGM memang menjadi kebanggaan besar. Kendati begitu, ia berpesan kepada mahasiswa baru UGM untuk tetap rendah hati dan terus meningkatkan diri menjadi insan yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Kembali Berikan PMT dan APE Bagi Anak Usia Dini

Menurut Budi Karya, bangsa Indonesia memiliki tantangan besar dalam mewujudkan visi Indonesia Emas di tahun 2024. Tantangan tersebut adalah soal adanya gap dalam bidang inovasi dan teknologi yang menjadi pekerjaan rumah bagi generasi muda untuk mengurainya.

“Kita punya PR ada gap antara apa yang ada saat ini dengan nanti 2045 yang direncanakan yakni income per kapita 8 ribu. Kita, saya, kalian, Gadjah Mada, adalah orang-orang yang mengisi ruang-ruang bersama kebangsaan, keekonomian agar kita menjadi bangsa besar,” paparnya.

Baca Juga :  40 Persen Omzet dari Ekspor, UMKM Pekalongan Ungkap Strategi Tembus Ekspor bersama Shopee

Ia menyebutkan langkah segera untuk mengurangi gap inovasi dalam sains dan teknologi yang terjadi antara Indonesia dengan negara maju, lalu Indonesia dengan tokoh-tokoh dunia perlu dilakukan.

“Di satu sisi kita ada bonus demografi dan kekayaan SDA yang emlimpah. Jadi untuk inovasi harus dikejar dengan baik dan saya yakin adik-adik bisa melakukannya,” tegasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News