Data
Kominfos Bersama BPS Denpasar Gelar Pembinaan Data Statistik Sektoral. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar bersama BPS Denpasar melaksanakan pembinaan data statistik sektoral berupa sosialisasi Standar Data dan Metadata Statistik Kota Denpasar Tahun 2023 di Ruang Damamaya, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mengingat pentingnya Metadata dan Standarisasi Data dalam menciptakan Open Data Keren yang berkualitas dan mudah di akses oekh masyarakat melalui portal Satu Data Denpasar (satudata.denpasarkota.go.id).

Kegiatan pembinaan data statistik sektoral buka oleh Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik Kota Denpasar Dr. IB Alit Adhi Merta, S.STP., M.Si., didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, I Ketut Agus Indra Diatmika, S.Kom.

Dalam kesempatan tersebut Alit Adhi Merta menekankan kaitan antara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan data yang dimiliki oleh perangkat daerah sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan.

Baca Juga :  Ratusan Pemudik Kunjungi AHASS Siaga Plus di Jembrana

“Data merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan bersama,” ujar Alit Adi Merta.

Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaiman menyampaikan bahwa kita bersama harus memperhatikan standar data dan metadata yang dimiliki opeh perangkat daerah. Hal tersebut susuai dengan program Reformasi Birokasi Tematik yang sangat berdampak pada data yang kita miliki.

“Di dalam pengumpulan data dapat selalu di-update sesuai dengan data-data yang telah dimiliki. BPS Denpasar bersama dengan Kominfos Denpasar akan menyediakan Call Center dalam memberikan konsultasi maupun pendampingan, baik terkait metadata maupun standar data yang dihasilkan oleh perangkat daerah untuk memberikan data statistik sektoral yang lebih baik lagi kedepannya,” jelas Eman Sulaiman.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan Desa Cantik tahun 2022 oleh Kepala BPS Denpasar dan Kadis Kominfos Denpasar kepada empat desa diantaranya Desa Tegal Harum, Desa Sumerta Klod, Desa Ubung Kaja dan Desa Sanur Kauh.

“Desa Tegal Harum salah satu Desa yang mewakili Provinsi Bali dalam kegiatan Desa Cantik tahun 2023,” tutup Eman Sulaiman.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News