Unud
Kajian Kambing Boerka di Bali, Antarkan I Nyoman Suyasa Raih Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Ilmu Peternakan (S3) Fakultas Peternakan Universitas Udayana, kembali melahirkan seorang Doktor di bidang Ilmu Peternakan, I Nyoman Suyasa merupakan Peneliti dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Koprodi Program Studi Ilmu Peternakan (S3) Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si., pada Kamis (13/7/2023).

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. drh. I Wayan Suardana, M.Si., Dr. Drh. I Gusti Agung Arta Putra, M.Si., dan Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si. Menghadirkan 6 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul ‘Kajian Morfometri, Analisis Gen Pertumbuhan dan Tinjauan Kualitas Daging Kambing Boerka di Bali’.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

“Dari hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty: 1. Data ilmiah yang lengkap terhadap data morfometri kuantitatif dan sifat kualitatif kambing boerka di Bali; 2. Susunan nukleotida, jarak genetic gen GH dan IGF-1 kambing boerka di Bali,” papar I Nyoman Suyasa.

“Tujuannya dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui secara lengkap data morfometri, persentase karkas dan kualitas daging serta polymorfisme gen pertumbuhan yang berpengaruh terhadap produktivitasnya kambing boerka yang dikembangkan di Bali, sehingga diketahui potensi yang dimiliki untuk pengembangannya kedepan,” ungkapnya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News