Duta Besar Republik Filipina
Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa berfoto bersama rombongan Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin yang mengunjungi Kantor Wali Kota Denpasar, pada Rabu (26/7/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin menyambangi Kantor Wali Kota Denpasar, pada Rabu (26/7/2023). Kunjungan tersebut diterima secara langsung Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan, Made Toya dan Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, Ni Luh Putu Riyastiti serta unsur Dinas Pariwisata Kota Denpasar.

Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa menyambut hangat kedatangan Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin di Kota Denpasar. Dimana, pertemuan ini menjadi momentum yang baik guna menjajaki kerjasama antara Kota Denpasar dengan kota di Filipina melalui program sister city.

Baca Juga :  ITB STIKOM Bali Berikan Beasiswa Kepada Keluarga Wartawan Media Online

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Ibu Duta Besar Republik Filipina di Kota Denpasar. Semoga pertemuan ini dapat menjadi jembatan untuk membangun hubungan kerja sama yang baik antara Kota Denpasar dengan kota di Filipina,” ujar Arya Wibawa.

Arya Wibawa mengatakan, penjajakan kerja sama ini juga sebagai langkah lanjutan kerja sama yang telah disepakati antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Filipina.

“Setelah kita kaji, ada sejumlah bidang yang potensial untuk dijajaki untuk dibangun kerja sama antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah Republik Filipina terutama menyangkut kerja sama dengan kota di Filipina,” ujarnya.

Sejumlah bidang menarik untuk dikerja samakan sesuai dengan potensi kedua kota. Yakni pengembangan ekonomi kreatif, budaya, kesehatan, pariwisata, pendidikan dapat dibangun kerja sama. Terutama terkait pertukaran pelajar dan pekerja dibidang pariwisata. Hal ini mengingat di Bali banyak institusi dibidang pariwisata dan hospitality.

Baca Juga :  298 Ribu Wajib Pajak Telah Melaporkan SPT Tahunan Tepat Waktu di Kanwil DJP Bali

“Kita bisa menjajaki salah satu kota disana yang memiliki karakteristik yang sama dengan Kota Denpasar untuk mempermudah pembentukkan kerja sama Sister City ini. Apalagi faktanya, sudah ada kota di Filipina yakni kota Vigan yang masuk dalam keanggotaan Organisasi Kota Pusaka Dunia (OWHC) bersama Kota Denpasar,” jelasnya.

Sementara, Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin berterima kasih atas sambutan hangat Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa. Pihaknya menawarkan kerja sama terkait sekolah keperawatan dan medis di Filipina yang nantinya mungkin bisa bekerja sama dengan Universitas atau sekolah yang ada di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

“Kami optimis pertemuan ini akan membuahkan kesepakatan yang akan memberikan manfaat yang baik bagi kedua belah pihak,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News