Duta Kebudayaan Indonesia
Duta Kebudayaan Indonesia Sambangi Pasar Badung, Perkenalkan Warisan Budaya Rempah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pasar Badung sebagai ikon Kota Denpasar kembali mendapat kunjungan internasional. Dimana, Ketua Yayasan Arunika Cipta Abadi, Hasabi Raedi Hadyan mengajak duta kebudayaan Indonesia untuk mengunjungi Pasar Badung, sebagai salah satu ikon budaya di Kota Denpasar pada Senin (10/7/2023). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat ikatan sosial budaya antara Indonesia dan negara sahabat, serta memperkenalkan warisan budaya khususnya tentang rempah.

Rombongan duta kebudayaan Indonesia disambut oleh Asisten I Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I Made Toya, didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty dan Dirut PD Pasar Badung, Ida Bagus Kompyang Wiranata.

Ketua Yayasan Arunika Cipta Abadi, Hasabi Raedi Hadyan mengatakan, Pasar Badung dipilih sebagai salah satu tempat kunjungan karena memiliki peran penting dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan tradisi Bali kepada dunia. Selain itu, pasar ini juga menjadi pusat kegiatan ekonomi dan pariwisata di Kota Denpasar.

Menurutnya, kegiatan ini salah satu program dari pemilihan duta kebudayaan tahun ini. Selain memperkenalkan sosial budaya, kegiatan ini juga memperkenalkan berbagai warisan budaya khususnya tentang community rempah. Melalui kunjungan Duta Kebudayaan Indonesia ke Pasar badung bisa memperkenalkan sosial budaya dan bisa memperkuat hubungan sosial budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain.

Baca Juga :  Ketua WHDI Kota Denpasar Buka Pelatihan Membuat Banten Otonan di Banjar Tegal Kuwalon

“Pasar Badung adalah cermin dari keberagaman budaya kita. Melalui kunjungan ini, kami berharap para duta kebudayaan dapat merasakan kehangatan dan keramahan masyarakat Bali serta mengenal lebih dalam budaya kita yang kaya,” ujar Hasabi Raedi Hadyan.

Asisten I Sekda Kota Denpasar, I Made Toya, menyambut kunjungan tersebut dengan antusias.

“Kami sangat senang dan terhormat dapat menerima duta kebudayaan Indonesia di Kota Denpasar, khususnya di Pasar Badung. Semoga kunjungan ini dapat mempererat ikatan persahabatan dan kerja sama di bidang budaya antara Indonesia dan negara-negara sahabat,” kata I Made Toya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty juga menambahkan, Pasar Badung adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan keindahan budaya Bali kepada para duta kebudayaan.

“Kami berharap mereka dapat membawa pulang pengalaman yang berharga dan mempromosikan pariwisata Denpasar di negara masing-masing,” ungkap I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dunia akan kekayaan budaya Indonesia dan memperkuat ikatan sosial budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain. Pasar Badung, sebagai simbol penting budaya Bali, menjadi ajang yang tepat untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia kepada dunia.

Baca Juga :  Dishub Denpasar Antisipasi Arus Balik Lebaran, Pastikan Kelancaran Pintu Masuk Hingga Pelabuhan Laut Pengumpan Lokal

Sandi, Salah Satu Duta Kebudayaan Indonesia Dari Provinsi Jawa Tengah mengaku sangat kagum dengan sosial budaya yang masih kental di Pasar Badung. Selain tempatnya yang bersih pedagang dan pengunjung Pasar Badung sangat ramah-ramah.

“Hasil kunjungan ini kita dapat perkenalkan di seluruh Indonesia hingga ke mancanegara,” harap Sandi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News