AstraPay
AstraPay mencatatkan peningkatan hingga 2 kali lipat dengan jumlah transaksi sebanyak 20 ribu dibanding perhelatan yang sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 10 ribu transaksi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – AstraPay Sanur Village Festival 2023 sukses menjadi ajang dalam merayakan sekaligus memperkenalkan kesenian dan budaya Bali kepada masyarakat Sanur khususnya, wisatawan lokal, hingga mancanegara.

AstraPay yang mendukung secara penuh sebagai sponsor utama pada kegiatan festival seni dan budaya tersebut juga turut sukses mencatatkan keberhasilan peningkatan inklusivitas keuangan melalui ajang tersebut.

Sejalan dengan misi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AstraPay sebagai platform pembayaran digital milik PT Astra Digital Arta yang juga merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial memiliki misi dalam meningkatkan jumlah literasi dan inklusi keuangan di Bali. Penetrasi literasi dan inklusi keuangan ini diberlakukan dengan mengoptimalkan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai media dalam melakukan transaksi bagi para pengunjung dan seluruh tenan.

Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana mengatakan, misi itu berhasil dilakukan mengingat dengan optimalisasi QRIS dan AstraPay dapat mempermudah seluruh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat mencatat keuangan dengan efektif.

Baca Juga :  Kapenrem 163/Wira Satya Mendorong Peran Positif Media Massa dalam Pembangunan Demokrasi

“AstraPay berhasil mencatatkan pertumbuhan jumlah transaksi dengan kenaikan sebesar 100%, yaitu mencapai 20 ribu transaksi selama lima hari perhelatan festival tersebut dibanding kegiatan yang sama pada tahun lalu yang mencapai 10 ribu transaksi. Tentunya ini menjadi cerminan yang baik dalam mendorong masyarakat untuk bisa memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan transaksi,” tutur Rina, Selasa (25/7/2023).

Selain itu, total pengunjung perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2023 mencapai 80-100 ribu orang selama pelaksanaan lima hari festival tersebut.

“Besarnya animo pengunjung menunjukkan bahwa AstraPay Sanur Village Festival 2023 telah berhasil memancing daya tarik dan penasaran masyarakat dan wisatawan yang ingin mengenal seni dan budaya di Bali, serta ini juga merepresentasikan besarnya cakupan literasi dan inklusi keuangan dengan kehadiran AstraPay,” tutur Rina.

Hadir Kembali di 2024

AstraPay Sanur Village Festival 2023 menampilkan sejumlah rangkaian kegiatan budaya, seni, hingga olahraga dan aktivitas yang berdampak positif bagi sektor lingkungan dengan mengangkat tema ‘AMRTA SAGARA’. Sejumlah tarian adat dan kolosal tampil setiap malamnya yang diwarnai dengan seniman-seniman nasional maupun lokal.

Tidak hanya itu, sejumlah kegiatan olahraga seperti surfing competition dan yoga hingga aksi nyata dalam memberikan dampak kepada lingkungan, seperti program Beach Clean Up (Bersih-Bersih Pantai) dan Pelepasliaran Penyu Hijau.

Baca Juga :  Rampung! Raperda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi Serta Raperda tentang Pengarusutamaan Gender Siap Disahkan

Sebagai rangkaian kegiatan yang secara rutin dilakukan setiap tahunnya, Sanur Village Festival akan hadir kembali di tahun depan yang akan hadir spesial dengan rangkaian program menarik lainnya di tahun 2024.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News