Unud
Arsitektur Cinta Alam 2023, Mengabdi Bagi Dunia Semesta dalam Harmonisasi dengan Alam. Sumber foto: Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Arsitektur Cinta Alam (ARCA) 2023 digelar di Cok Camp, Jl. Mawar 2, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali pada 12-13 Juli 2023.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Adarma Andum Arcapada’ yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti ‘Mengabdi Bagi Dunia/Jagat Semesta’. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan antar civitas akademik Arsitektur yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga mewujudkan harmonisasi dengan alam.

Kegiatan dimulai pada hari Selasa dengan pembersihan lingkungan di Pura Siwa Buddha dan di sekitar Cok Camp. Seluruh peserta, yang terdiri dari mahasiswa Angkatan 2022 Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana dan angkatan terdahulu yang belum sempat mengikuti kegiatan ARCA, turut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian ini. Mereka bekerja sama membersihkan lingkungan sekitar dengan semangat dan kebersamaan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Koprodi dan Wakil Dekan III, serta presentasi dosen. Keberhasilan ARCA ini juga ditandai dengan pelepasan bibit 600 ekor ikan nila ke lingkungan sekitar. Para dosen dan mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai bagian dari upaya mewujudkan harmonisasi antara manusia dan alam.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Rangkaian Karya Ngenteg Linggih Krama Banjar Kekeran 

Salah satu momen penting dalam ARCA 2023 adalah presentasi 5 besar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diikuti oleh mahasiswa Angkatan 2022. LKTI ini memiliki tema ‘Gerakan Kreatif Berbasis Sustainable Development dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Green Growth and Global Goals 2023’.

Presentasi ini disaksikan oleh juri, dosen Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik, serta seluruh panitia dan mahasiswa lainnya. Semangat dan ide-ide inovatif dari para peserta LKTI membangkitkan semangat untuk berkontribusi dalam mewujudkan pertumbuhan hijau Indonesia dan tujuan global.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

Pada malam harinya, kegiatan ARCA dilanjutkan dengan pemutaran mandala yang mempesona. Acara ini diikuti dengan kegiatan acara ramah tamah, di mana semua peserta dapat menikmati hidangan lezat sambil menjalin hubungan sosial yang erat.

Hari berikutnya dimulai dengan senam pagi yang menyegarkan semangat seluruh peserta. Setelah itu, dilangsungkan games seru yang memicu kegembiraan dan kerjasama di antara mereka. Kebersamaan dan semangat saling mendukung menjadi pesan yang terpancar dalam setiap aktivitas.

ARCA 2023 telah berakhir dengan sukses, mewujudkan visi dan tujuannya dalam mempererat hubungan antar civitas akademik arsitektur serta menjalin harmonisasi dengan alam. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mewujudkan pertumbuhan hijau Indonesia dan tujuan global.

Baca Juga :  NKA Tahun 2023, Undiksha Sabet Dua Penghargaan Terbaik dari Kemdikbudristek

Semua peserta meninggalkan ARCA dengan kenangan yang tak terlupakan dan semangat yang terus berkobar untuk terus berkontribusi bagi dunia dan jagat semesta. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News