Pendanaan PKM Terbanyak
UGM Raih Pendanaan PKM Terbanyak Nasional 2023 dari Diktiristek. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali berhasil meraih pendanaan proposal terbanyak Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 dari Ditjen Diktiristek, Kemendikbudristek.

Terdapat sebanyak 282 proposl PKM UGM yang lolos mendapatkan dana pelaksanaan PKM. Jumlah tersebut menempatkan UGM sebagai peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia yang didanai PKM 8 bidang. Berikutnya diikuti IPB sebannyak 192 proposal, ITS 172 proposal, Universitas Hasanuddin 135 proposal, dan UPI 116 proposal.

Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Dr. Arie Sujito mengapresiasi capaian yang berhasil diraih oleh tim PKM UGM. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kekompakan tim mahasiswa PKM, bimbingan dosen pembimbing, dan fasilitasi dari Direktorat Kemahasiswaan UGM dalam mendukung kegiatan PKM UGM.

“Kita sangat mengapresiasi capaian ini,” ucapnya, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga :  Ciptakan Generasi Tangguh dan Mandiri, Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

Ia mengatakan, bahwa kegiatan PKM merupakan arena bagi para mahasiswa UGM dalam mengembangkan kompetensi riset dalam delapan bidang. Selain itu juga menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk saling bekerja sama dalam tim yang bersifat multidisiplin. Melalui kegiatan PKM juga diharapkan mampu menjadi modalitas mahasiswa dalam proses pengembangan akdemik dan riset.

“UGM akan terus menerus berperan dalam mendukung tradisi riset mahasiswa bisa lebih optimal. Kita berkomitmen untuk mengawal ini agar hasilnya dapat lebih baik dari sebelumnya,” tuturnya.

Arie menyampaikan, harapan nantinya tim PKM UGM yang lolos mendapatkan pendanaan nantinya dapat lolos melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). PIMNAS, akan menjadi arena uji kompetensi sekaligus kemampuan bagi para mahasiswa dalam mengartikulasikan dan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dan mempresentasikan di depan tim penilai. Harapannya mahasiswa nantinya bisa memanfaatkan arena PIMNAS sebagai modalitas bagi pengembangan diri maupun menjaga nama baik UGM.

“Harapannya kualitas baik dari sisi substansi, metodologi, presentasi, kerja sama dan output yang dihasilkan mahasiswa bisa optimal. Universitas akan memfasilitasi ini dan semoga kedepan bisa meraih juara di tingkat nasional. Namun yang terpenting mahasiswa bisa mendedikasikan pemikiran mereka bagi universitas, bangsa, dan negara,” paparnya.

Sementara Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Dr. Suherman menjelaskan, pada tahun 2023 ini UGM mengajukan sebanyak 495 proposal delapan bidang. Dari jumlah tersebut ada 282 proposal yang lolos mendapatkan pendanaan.

Ke-282 proposal yang mendapatkan dana tersebut meliputi 34 proposal PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K), 33 proposal PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC), 9 proposal PKM bidang Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), 91 proposal PKM Riset Eksakta (PKM-RE), 59 proposal Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), dan 15 proposal PKM bidang Penerapan Iptek (PKM-PI). Berikutnya, 28 proposal PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dan 13 PKM Karya Inovatif (PKM-KI).

Baca Juga :  Gelar Santunan Yatim Piatu, PT Hotel Indonesia Natour Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan 1445 H

Sementara sebaran berdasar fakultas adalah Fakultas Biologi 17 proposal, FEB 6 proposal, Fakultas Farmasi 18 proposal, Fakultas Filsafat 11 proposal, Fakultas Geografi 10 proposal, FH 7 proposal, FIB 9 proposal, FISIPOL 10 proposal, FKG 8 proposal, FKH 11 proposal, Fakultas Kehutanan 15 proposal, FKKMK 9 proposal, FMIPA 37 proposal, Fakultas Pertanian 12 proposal, dan Fakultas Peternakan 17 proposal. Lalu, Fakultas Prikologi 12 proposal, SV 29 proposal, FT 26 proposal, dan FTP 18 proposal.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News