Delegasi NUDC UGM
UGM Juara 1 Kompetisi Debat Bahasa Inggris Nasional NUDC 2023. Sumber Foto : Dok. Delegasi NUDC UGM

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Tim mahasiswa UGM berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi debat berbahasa Inggris tingkat nasional “National University Debating Championship (NUDC) 2023”.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Dr. Suherman menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh delegasi NUDC UGM. Ia berharap pencapaian yang berhasil diraih bisa memotivasi mahasiswa UGM lainnya untuk berprestasi dalam bidang-bidang lainnya.

“Harapannya pretasi ini bisa terus dipertahankan,” tuturnya, Rabu (14/6/2023).

Dalam kompetisi yang diselenggarakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten pada 5-12 Juni 2023, UGM menurunkan tim yang beranggotakan dua orang debater, yaitu Ryan Kusnadi (Fakultas Teknik 2020) dan Anak Agung Gde Satwika Ananta (Fakultas Hukum 2020), serta 1 orang N1 adjudicator, yaitu Jason Valentino Samvero (Fakultas Hukum 2021).

Baca Juga :  Perluas Komitmen, Safety Riding Lab Astra Honda Hadir di Tasikmalaya

Selain menyabet gelar juara, delegasi UGM pada NUDC 2023 juga berhasil meraih berbagai prestasi secara individual. Delegasi berhasil memperoleh gelar 3rd Open Best Speaker oleh Ryan Kusnadi, 8th Open Best Speaker oleh Anak Agung Gde Satwika Ananta, dan 4th Best N1 Adjudicator oleh Jason Valentino Samvero.

NUDC 2023 diikuti 224 mahasiswa yang terbagi dalam 112 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Adapun proses penjaringan dilakukan oleh Pusprenas dan LLDIKTI Wilayah. Sementara sistem debat yang digunakan dalam kompetisi ini menggunakan parlemen Inggris (British Parliamentary). Sistem ini biasanya digunakan dalam lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia atau World Universities Debating Championship (WUDC).(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News