Anji
Anji Manji bersama Jurnalis Baliportalnews.com, disela-sela kegiatannya mengunjungi Tanjung Benoa, pada Sabtu (10/6/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Anji Manji, salah satu musisi Indonesia lebih dikenal sebagai eks. vokalis grup band ‘Drive’, memberikan pandanganya terkait Pariwisata Bali yang lebih berkualitas, pasca mengalami masa suram tatkala pandemi melanda bumi.

Anji menjelaskan, daerah yang ekonominya mayoritas mengandalkan geliat pariwisata, seperti Bali, penting adanya untuk menjaga baik-baik alamnya. Mengingat perannya yang besar sebagai garda paling depan pariwisata Indonesia, Bali tidak seharusnya dieksploitasi secara berlebihan sehingga dapat mengancam tersingkirnya komunitas lokal di tengah terjangan investasi global.

Baca Juga :  Pastikan Kelancaran World Water Forum ke-10, ITDC Gelar Apel Kesiapsiagaan Kawasan The Nusa Dua

“Harapannya sih sumber daya alam, khususnya keindahan laut yang dimiliki Bali, coralnya ini harus tetap dijaga. Harus diedukasi masyarakat Bali untuk tetap terus menjaganya, agar pariwisata Bali tidak punah. Karena kalau sudah rusak, ini tidak akan bisa pulih dalam waktu satu, dua, tahun. Kasian anak cucu kita nanti gabisa menikmati keindahan Bali kalau sampai rusak,” ucap Anji kepada wartawan, disela-sela kegiatan menyelamnya di Tanjung Benoa, Badung, pada Sabtu (10/6/2023) lalu.

Terjaga atau rusaknya lingkungan seolah-olah hanya menjadi beban rakyat lokal. Dirinya menilai, masyarakat Bali harus memiliki idealisme yang kuat dalam menjaga keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam sebagai warisan anak cucunya di sektor pariwisata. Dia menambahkan kerusakan lingkungan ini tidak lepas dari prilaku manusia yang cenderung destruktif.

Baca Juga :  Penumpang Naik 19 Persen, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Layani 1,9 Juta Penumpang di Bulan April 2024

“Lebih baik memang dilindungi alam Bali ini. Kan sudah banyak sekali cerita-cerita di tempat wisata lain yang rusak karena Mass Tourism. Jadi pariwisata berkualitas ya pariwisata yang dijaga baik-baik oleh para pelakunya,” tegas Anji kepada Baliportalnews.com. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News