Upacara Pamarisudha Bhumi
Serentak di Bali, Jembrana Gelar Upacara Pamarisudha Bhumi di Gilimanuk. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Umat Hindu di Bali serentak menggelar upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali yang dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se-Bali. Di Kabupaten Jembrana sendiri pelaksanaannya berlangsung di Taman Siwa Gilimanuk, Minggu (18/6/2023).

Upacara yang dipuput oleh sembilan sulinggih se-Jembrana itu turut dihadiri Wakil Bupati Jembrana, I.G.N Patriana Krisna, Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, jajaran OPD, unsur PHDI, Majelis Desa Adat serta masyarakat setempat usai upacara melaksanakan persembahyangan bersama.

Sesuai penanggalan kalender Bali, pelaksanaan ritual Pamarisudha Bhumi Jagat Bali diadakan pada Tilem Sadha, Redite Klowon Tolu.

Wakil Bupati Jembrana, I.G.N Patriana Krisna mengungkapkan, upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali ini dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas asung kerta wara nugraha dan mohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan secara tidak disengaja.

Baca Juga :  Pemkab Jembrana Gelar Musrenbang, Susun Arah Kebijakan 20 Tahun Ke Depan

“Selain itu upacara ini juga bermakna untuk persembahan, penyucian, mensthanakan, dan penyelamatan serta memohon agar Jagat Jembrana dan Bali pada umumnya diberikan kesucian, kesempurnaan serta kerahayuan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bagian Kesra Kabupaten Jembrana, I Made Tarma menjelaskan, upacara ini serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten se-Bali yang dipusatkan di Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar.

“Di Jembrana sendiri dilaksanakan di ujung barat pulau Bali tepatnya di Taman Siwa Gilimanuk. Upacara ini dipuput oleh sembilan sulinggih yang ada di Kabupaten Jembrana dengan banten upakara manca kelud,” ucapnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News