Hewan Kurban
RWM Perumnas BSI Bagikan 1.300 Lebih Daging Hewan Kurban. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Muhajirin yang dilaksanakan Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), dilaksanakan usai sholat Idul Adha, yang dipusatkan di lapangan belakang Masjid Al Muhajirin, Perumnas BSI, Kamis (29/6/2023).

“Kami memotong hewan kurban sapi sejumlah 16 ekor dan kambing 21 ekor,” ungkap Ketua RWM Perumnas BSI, Purwoko.

Dari jumlah hewan kurban tersebut, kata Purwoko, jumlah daging yang dibagikan sekitar 1.300 lebih. Bukan hanya warga muslim, warga yang nonmuslim di sekitarnya pun ada yang kebagian daging kurban.

Sebelumnya, sholat Idul Adha di Masjid A Muhajirin dihadiri para jamaah hingga meluber di jalan. “Peserta sholat Idul Adha yang hadir sekitar 2.000 jamaah,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan Atas LKPJ TA 2023

Dalam memperingati hari raya Idul Adha 1444 H, RWM Perumnas BSI dan sekitarnya juga menggelar lomba mobil hias dan takbir keliling di Kompleks Perumnas BSI, Rabu (28/6/2017) malam. Menurut Purwoko, lomba mobil hias dan takbir keliling diikuti oleh majelis taklim (MT) yang ada di lingkungan Perumnas BSI dan sekitarnya.

“Jumlah peserta lomba ada 13 MT, yang terdiri atas gabungan MT bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak yang tergabung dalam Taman Pendidikan Al Quran (TPQ). Bila dihitung, jumlah peserta ada sekitar 500 orang,” ujarnya.

Takbir keliling bertema ‘Melalui Masjid Kita Bangun Keberadaan Menuju Kemakmuran Umat’. Selain untuk memperingati dan meramaikan hari raya Idul Adha, juga dimaksudkan sebagai syiar.

“Mengikuti mobil hias di depan, peserta berkeliling jalan kaki mengumandangkan takbir menyambut datangnya hari raya Idul Adha. Takbir keliling mengambil start dan finish di selatan Masjid Al Muhajirin Perumnas BSI. Jarak yang ditempuh sekitar dua kilometer,” ujarnya.

Berdasarkan penilaian dewan juri yang didatangkan dari luar Perumnas BSI, keluar sebagai juara kegiatan takbir keliling masing-masing juara I MT An Nisa, Juara II MT An Nur, dan Juara III MT Istiqomah. Disusul juara harapan I MT Duratul Hikmah, juara harapan II MT Al Ikhsan, dan juara harapan III MT Nurul Hidayah. Dewan juri juga menetapkan sebagai juara favorit terhadap MT Riyadus Solehah.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Dukung Prestasi Generasi Emas Bersinar di Bidang Olahraga

“Penilaian meliputi aspek keindahan mobil hias, takbir dan musik yang mengiringinya serta kekompakan peserta. Secara umum masing-masing peserta telah menunjukkan kebolehannya. Hal ini bisa dilihat perbedaan nilai yang sangat tipis antar juara,” papar Ustad Buchori mewakili Dewan Juri usai menyampaikan pengumuman juara.

Purwoko menyebutkan untuk para juara memperoleh piala, piagam dan uang pembinaan. “Juara I mendapat uang pembinaan Rp1 juta, Juara II Rp750.000, dan Juara III Rp500.000. Sedangkan peserta lainnya mendapat uang pembinaan masing-masing Rp250.000. Jangan dilihat nilainya, tapi lihatlah dukungan dan apresiasi kami terhadap majelis taklim yang penuh semangat mengikuti takbir keliling,” tegasnya.  (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News