Pelebon Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan
Ketua Panitia/Manggala Karya Pelebon Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan IX, Anak Agung Ngurah Dharmayuda, saat menemui wartawan disela-sela Upacara Manah Toya Ning dan Ngejum, pada Kamis (15/6/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sejumlah Raja Nusantara dipastikan hadir dalam Puncak Karya Pelebon Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan IX, yang akan berlangsung pada Rabu (21/6/2023) mendatang. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Manggala Karya/Ketua Panita, Anak Agung Ngurah Dharmayuda kepada wartawan, saat ditemui langsung disela-sela Upacara Manah Toya Ning dan Ngajum, di Puri Agung Denpasar, pada Kamis (15/6/2023).

“Para Raja Nusantara yang sudah konfirmasi hadir pada Puncak Karya ada 10 (sepuluh, red) orang. Nanti beliau-beliau akan kami tempatkan khusus VIP, di wantilan di setra (Kuburan, red) Badung. Kita prediksi akan ada ribuan orang yang akan hadir di Puncak Karya,” jelasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Lepas Fun and Road Bike REI Bali, Rangkaian Musda XI, Berhadiah 1 Unit Rumah Siap Huni

Lebih lanjut ia memaparkan, rangkaian acara sudah dilaksanakan sejak 6 Maret 2023, dan pada hari ini rangkaian diisi dengan upacara Manah Toya Ning dan Ngajum, bermakna untuk mengambil tirta dari mata air yang nantinya akan digunakan sarana penyucian beliau (Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan IX, red) dan dilanjutkan dengan prosesi Ngajum, lalu lanjut prosesi Mesuci ke Pura Tambang Badung, sesuai dudonan karya.

“Karena ini akan melibatkan ribuan orang, yang jelas nanti akses ke wilayah Catur Muka akan ditutup sementara. Kita sudah koordinasi langsung dengan Pemkot Denpasar, Dishub, Polresta Denpasar, Polsek Denut, dan Kodim Badung untuk dilakuka rekayasa lalu lintas sepanjang gelaran acara,” tutupnya.

Baca Juga :  Libatkan Ribuan Penari, Menteri PPPA RI Buka “Naluriku Menari 3" Peringati Hari Tari Sedunia
Pelebon Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan
Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, saat menghadiri rangkaian Upakara Pelebon Raja Pemecutan IX. Sumber Foto : aar/bpn

Sementara itu, nampak terlihat hadir dalam acara hari ini, Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, kepada wartawan menambahkan, bahwa kehadirannya adalah bentuk penghormatan Pemkot Denpasar atas jasa-jasa beliau untuk masyarakat Kota Denpasar. Pihaknya juga memastikan dan berharap rangkaian Karya Pelebon Raja Pemecutan IX kali ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

“Kami dari Pemkot sudah menyiapkan tim untuk terjun langsung terlibat dalam acara. Tugas kami disini juga untuk memastikan bahwa rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar sesuai rencana,” tutup IGN Jaya Negara. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News