Pura Segara Gilimanuk
Pura Segara Gilimanuk Direhab, Percantik Kawasan Pintu Masuk Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pura Segara Gilimanuk yang tertelak di dekat pelabuhan Gilimanuk dipastikan diperbaiki tahun ini, perbaikan meliputi revonasi Pelinggih dan bangunan pendukung baik di Utama, Madya maupun Nista Mandala.

Sosialisasi perbaikan pura tersebut dilaksanakan di Wantilan Pura Segara Gilimanuk, Minggu (4/6/2023) yang dipimpin langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba yang turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, Sekda I Made Budiasa, OPD terkait, para Sulinggih se-Jembrana serta pengempon pura dan masyarakat setempat.

Perbaikan Pura Segara Gilimanuk nantinya menggunakan anggaran dari BKK (Bantuan Keuangan Khusus) Provinsi Bali Tahun Anggaran 2023. Sebelumnya diketahui bahwa kabupaten Jembrana mendapat BKK senilai Rp43 miliar yang diprioritaskan untuk perbaikan berbagai Pura di Kabupaten Jembrana, salah satunya adalah Pura Segara Gilimanuk.

Pekerjaan perbaikan Pura Segara Gilimanuk di Utama Mandala meliputi perbaikan Pelinggih Padmasana, Meru, Pengelurah dan Taksu, serta bangunan pendukung di Utama Mandala meliputi Bale Pelik, Gedong Simpen, Bale Paselang, dan Bale Piasan. Sedangkan untuk di Madya Mandala sendiri perbaikan meliputi Bale Gong, Gedong Wastra, Bale Pengubeng. Di Kawasan Nista Mandala rencananya akan dilengkapi dengan Gudang.

Baca Juga :  Sirkuit All In One Jembrana Gelar Mekepung Kapolda Cup 2024

Perbaikan Pura Segara Gilimanuk selain karena kondisi Pelinggih dan bangunan lainnya yang telah rusak, juga untuk memperindah kawasan Pintu dengan nuansa khas Bali. Gilimanuk sebagai pintu masuk Bali tentunya harus bisa memberikan wajah kebudayaan Bali begitu para wisatawan masuk ke Bali.

Bupati Tamba mengungkapkan, memprioritaskan BKK untuk perbaikan sejumlah pura guna meningkatkan bhakti umat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan harapan seluruh masyarakat Jembrana mendapat kesejahteraan dan kebahagiaan.

“Tujuan utama kita memperbaiki linggih Ida Bhatara, astungkara Ida Bhatara memberikan kesejahteraan, kelancaran dan kesehatan kepada kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis PUPRPKP Kabupaten Jembrana, I Wayan Sudiarta mengatakan, Perbaikan Pura Segara Gilimanuk dalam proses tender yang apabila sesuai jadwal akan segera mulai dikerjakan pada pertengahan tahun ini.

“Pengerjaan rehab pura masih dalam proses tender dan rencananya akan dikerjakan pertengahan tahun ini dengan lagu anggaran Rp1.915.000.000 yang bersumber dari BKK Provinsi Bali,” jelas Sudiarta.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News