PPDB
Proses verifikasi berkas calon peserta didik pendaftaran PPDB jalur prestasi di SMPN 9 Denpasar, Senin (19/6/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP negeri jalur prestasi tahun pelajaran 2023/2024 dimulai sejak Senin (19/6/2023). Hari ini, Selasa (20/6/2023) adalah hari terakhir pendaftaran sampai pukul 15.00 WITA.

Dari data yang dihimpun di Posko PPDB di kantor Disdikpora Kota Denpasar, pengajuan pendaftaran jalur prestasi pada hari pertama, Senin (19/6/2023) hingga 15.00 WITA pada 16 SMP negeri sebanyak 2.210 berkas. Dari jumlah itu, berkas yang telah disetujui sebanyak 1.238, ditolak 936 berkas dan belum verifikasi 36 berkas.

Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Putu Gede Astra, mengatakan, terkait berkas yang ditolak, dikarenakan berkasnya tidak sesuai dengan juknis, seperti ada sertifikat yang didaftarkan tidak sertifikat juara hanya piagam peserta. Ada juga pendaftar keliru mengunggah berkas, misalnya pada kolom KK yang diunggah berkas prestasi.

Mengenai kekurangan atau kekeliruan unggah berkas pendaftaran itu, lanjut dikatakan Agung Astra, para orang tua siswa dapat memantau di situs PPDB atau datang ke sekolah tujuan untuk memperoleh informasi yang benar. Pihaknya juga menyediakan pusat informasi dan Posko PPDB di kantor Disdikpora Denpasar.

Baca Juga :  Dari Studi Komparasi Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar ke Pemkot Malang, Gali Ilmu dan Strategi Untuk Capai PAUD HI Berkualitas

Atas kondisi tersebut, tak jarang beberapa nama yang telah mendaftar online lebih awal, namun belum terverifikasi. Hal ini sempat menuai kepanikan orang tua siswa, karena khawatir anak mereka tercecer. Namun seiring waktu, nama-nama siswa yang mendaftar berlangsung terinput dan terverifikasi.

Kemudian menurut Agung Astara, pendaftar yang terlambat mengunggah akan diverifikasi pada hari kedua hari ini.

“Mereka yang terlambat kan sudah masuk ke sistem jadi mereka akan diverifikasi hari ini,” ujarnya.

Agung Astara, mengatakan, kendati berkas calon siswa ditolak, mereka masih bisa melakukan pendaftaran ulang dan mengunggah sesuai syarat yang ditentukan. “Mereka masih bisa daftar ulang semasih waktu pendaftaran belum berakhir,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Grand Final Pemilihan Duta GenRe Denpasar 2024

Pendaftaran hari kedua pada Selasa (20/6/2023) ini hingga pukul 15.00 WITA Pengumuman kelulusan jalur prestasi dilakukan pada 22 Juni 2023 nanti.

Sementara untuk keamanan server saat ini, seluruh SMP Negeri yang melaksanakan PPDB masih cukup aman. Pihak PLN pun sudah disurati agar tidak ada pemadaman listrik selama pelaksanaan PPDB online SMP negeri di Denpasar berlangsung.(tha/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News