KMHDI
Peringati Hari Lingkungan Hidup, KMHDI Bali Gelar Bersih Sampah Plastik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup,  Pimpinan Daerah (PD) KMHDI Bali melaksanakan kegiatan gerakan bersih sampah plastik (Geberpasti) di Pura Penataran Agung Lempuyang, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (4/6/2023).

Ketua PD KMHDI Bali, Putu Esa Purwita mengatakan geber pasti dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar terutama di tempat suci.

Hal itu, kata Esa dapat menjadikan lingkungan lebih sehat tanpa plastik dan asri sehingga lingkungan terhindar dari kontaminasi plastik yang susah terurai.

“Tujuan kegiatan ini juga untuk memperingati hari lingkungan hidup yang jatuh besok,” ujar Ketua PD KMHDI Bali, Putu Esa Purwita ditemui usai kegiatan.

Baca Juga :  "Bali Nice", Upacara Segara Kerthi Untuk Kesuksesan World Water Forum Ke-10

Esa menyebut geber pasti merupakan program rutin PD KMHDI Bali. Di mana sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di beberapa tempat.

Esa memastikan kegiatan ini akan terus dilaksanakan oleh pengurus PD KMHDI Bali selanjutnya dengan melibatkan lebih banyak orang, baik dari OKP, komunitas peduli lingkungan dan masyarakat umum.

“(Selanjutnya) tidak hanya mengumpulkan sampah, kemudian selesai tetapi edukasi bagaimana daur ulang serta pemilahan sampah bisa lebih digerakkan kembali,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Biro Sosial Masyarakat PD KMHDI Bali, I Kadek Pasek berharap ke depannya seluruh masyarakat bisa berperan aktif dalam menjaga lingkungan serta meminimalisir penggunaan plastik.

Baca Juga :  Bank BPD Bali Kolaborasi dengan Pemkot Denpasar dan IGTKI Gelar Lomba Anak-anak

“Harapan ke depannya yaitu Kita dan seluruh masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan serta meminimalisir penggunaan plastik, sehingga sampah plastik bisa berkurang,” ujar Pasek.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh internal PD KMHDI Bali melibatkan PC KMHDI se-Bali serta sebanyak 28 OKP se-Kabupaten Karangasem dan mengundang Bendesa Adat Pura Ayu serta Koordinator Pengelola Sampah Desa Adat Pura Ayu.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News