Unud
Minpro Vetholic FKH Unud Gelar Seminar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Minat profesi Veterinary Holic Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengadakan kegiatan Kuliah Umum 1 dalam rangka memperingati hari susu sedunia. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari minat profesi Veterinary Holic.

Hari susu sedunia diperingati setiap tanggal 1 Juni dan pada tahun ini Minat Profesi Vetholic mengadakan bertepatan di tanggal 1 juni dengan 2 kegiatan yang dilaksanakan yaitu Kuliah Umum dan Pembagian susu ke panti asuhan.

Kuliah umum dilaksanakan secara online di ruang sidang Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Kampus Sudirman pada, Kamis (1/6/2023). Kegiatan ini mengusung tema ‘Menciptakan Generasi Cerdas Melalui Susu Berkualitas’. Pada kegiatan kuliah umum dipandu oleh saudari Made Devi Damayanti sebagai master of ceremony.

Peserta dipersilahkan untuk masuk room webex meeting yang telah disediakan panitia dari pukul 08.45 dan rencananya dimulai pukul 09.00. Kegiatan diawali oleh pembukaan oleh Mc, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh panitia Ni Made Sri Anggita Maharani. Dilanjutkan dengan pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars FKH.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan laporan dari ketua panitia oleh Sang Ayu Putu Aura Setyaningsih. Dari pemaparan ketua panitia memberi sambutan dan salam, setelah itu memberikan pemaparan tentang tema kuliah umum.

Dari laporan ketua panitia Kegiatan ini memiliki jumlah panitia sebanyak 33 termasuk SC. Kemudian untuk dana dari kuliah umum kami menggunakan dana dari vetholic dan dari penjualan tiket peserta. Dana yang kita peroleh juga akan kita gunakan untuk membagikan susu serta melaksanakan acara WMD di Panti Asuhan Dharma Jati II setelah acara kuliah umum ini berakhir.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Dorong STAHN Mpu Kuturan Miliki Ciri Khas Pendidikan Karakter Berbasis Agama Hindu

Setelah pemaparan dari ketua panitia dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua BEM Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana suadara Alvin Limanto. Diawali dengan salam dan sambutan setelah itu saudara Alvin memberikan sambutan terima kasih kepada vetholic karena sudah mampu melaksanakan agenda tahunan World Milk Day.

“Saya harap kegiatan ini bisa membantu untuk mengedukasi masyarakat baik di bali maupun luar bali krn susu merupakan salah satu sumber protein hewani yg meningkatkan taraf hidup masyarakat. Semoga awareness masyarakat terhadap pentingnya susu dapat meningkat dan semoga pengabdiannya nanti bisa membantu masyarakat sekitar,” ungkap saudara Alvin Limanto

Dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si., yang diawali oleh salam dan pembukaan. Ia berpesan,  mudah-mudahan dari kulum hari ini, ada kesadaran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk ikut berkontribusi dalam program pemerintah, menuntaskan kasus stunting di masyarakat.

“Kita bisa ikut kontribusi dalam program pemerintah dengan memberi kesadaran masyarakat terutama ibu hamil untuk perhatikan gizi anaknya melalui susu dengan demikian kontribusi mahasiswa FKH akan terwujud. Kedepannya panitia tidak boleh lengah agar tidak terulang lagi kesalahan device spt tadi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gerindra Mantap Dukung Tamba-Ipat, De Gadjah: Bukan Masalah Jika Non-Kader!

Setelah acara dibuka oleh dekan lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi selama 50 menit oleh narasumber dalam kuliah umum 1 Vetholic yaitu drh. Romy Muhammad Dary Mufa, M.Si., yang menjelaskan secara rinci mengenai susu beserta kandungan nutrisinga. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi diskusi selama 15 menit dan peserta begitu antusias dalam bertanya mengenai susu kepada narasumber.

Setelah berakhirnya diskusi dilanjutkan dengan pemberian sertifikat secara online dalam room webex meeting.Dilanjutkan dengan sesi yang ditunggu-tunggu juga oleh peserta yaitu ice breaking. Setelah ice breaking dilanjutkan dengan sesi penutupan dan dokumentasi untuk seluruh peserta kuliah umum 1.

Dilanjutkan dengan kegiatan bagi-bagi susu untuk adik-adik di Panti Asuhan Dharma Jati II yang di awali dengan persiapan panitia mulai pukul 12.00 Wita dan kegiatan ini dipandu oleh saudari Made Devi Damayanti dan Gabriella Panyuwa selaku master of ceremony. Selanjutnya mc memandu pembukaan sekaligus doa, setelah itu dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Kegiatan oleh Sang Ayu Putu Aura Setyaningsih yang memberikan salam dan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak Panti Asuhan Dharma Jati II. Dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Panti Asuhan Dharma Jati II yang diawali dengan salam dan sedikit menjelaskan awal dibangunnya Panti Asuhan Dharma Jati II.

“Terima kasih saya ucapkan karena sudah mau berkunjung ke tempat kami dan semoga acaranya sukses,” ungkap Pemilik Panti Asuhan Dharma Jati II.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Lepas 270 Calon Jamaah Haji Dari Kota Denpasar

Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Minat Profesi Veterinary Holic saudara Indra Palaguna dan terakhir sambutan dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Acara selanjutnya perkenalan panitia dan perkenalan adik-adik dari Panti Asuhan Dharma Jati II.

Setelah selesai perkenalan dilanjutkan dengan Sesi Games selama 75 menit,dalam bermain games bersama anak panti asuhan mereka sangat antusias dan bersemangat dalam mengikutinya. Terdapat 2 babak untuk menentukan juara pada games ini dan masing-masing pemenang mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Setelah games berakhir dilanjutkan dengan pemaparan kesan dan pesan oleh salah satu perwakilan anak panti asuhan dan mereka juga sangat senang atas kunjungan hari susu sedunia dari minpro vetholic.

Dilanjutkan dengan pembagian susu ultramilk kepada anak-anak panti asuhan yang diberikan bergilir dari wakil ketua BEM, Kabid PSDM, Ketua MinPro Vetholic, SC, dan Ketua Panitia.Mereka semua terlihat sangat antusias dan gembira setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama dan membuat video wmd 2023 sukses.Acara dilanjutkan dengan kegiatan bebas dan ditutup oleh MC.Para panitia membantu prepare peralatan yang dibawa beserta sampah- sampah dan membersihkan area kita bermain. Terakhir berpamitan kepada pihak panti asuhan serta memberikan 1 dus susu untuk anak-anak lainnya yang mungkin tadi tidak dapat hadir dan mengikuti kegiatan wmd. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News