KMHDI
Lestarikan Budaya Bali, KMHDI Gelar Diklat Bebanten. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pimpinan Daerah (PD) KMHDI Bali menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) membuat banten di Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, Minggu (25/6/2023). Diklat ini diikuti seluruh kader Pimpinan Cabang (PC) KMHDI se-Bali.

Ketua PD KMHDI Bali, Putu Esa Purwita menyebut setidaknya ada sekitar 50 orang kader yang mengikuti diklat ini. Mereka dilatih membuat sarana bebantenan bali seperti canang sari, ketipat, klakat kelabang dan ulam bebangkit.

“Mereka diberikan materi dalam pembuaan ulam bebangkit, canang sari, ketipat kelakat dan kelabang,” jelasnya.

Esa mengatakan kegiatan ini merupakan sinergi PD KMHDI Bali dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Bali.

Baca Juga :  Libur Lebaran di Bali Nyaman Pakai Mobil Listrik, Ini Alasan Mereka

Di mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pemuda hindu di Bali terkait dengan Banten Upakara. Sehingga harapannya peserta yang mendapat pelatihan bisa menjadi pioner pelestarian kebudayaan Bali yang berkelanjutan.

“Diklat Banten yg kita agendakan  merupakan sinergi dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, di tengah tergerusnya Budaya Bali karena masuknya kebudayaan asing,” tukasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News