Unud
FT Unud Terima Kunjungan PT Awina Sinergi Internasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Fakultas Teknik Universitas Udayana mendapati kunjungan dari PT Awina Sinergi Internasional pada Jumat (16/6/2023) di Ruang Sidang I Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Udayana Jimbaran.

Kunjungan kali ini berfokus membahas perihal kerja sama antara PT Awina Sinergi Internasional dengan Fakultas Teknik terutamanya dalam pertukaran mahasiswa magang ke perusahaan Awina di Jepang.

Adanya kerja sama antara Fakultas Teknik Universitas Udayana dengan perusahan yang memiliki spesialisasi pada solar tracking ini diawali dari kerja sama riset dalam bidang solar panel. Kini, kerja sama tersebut merambat ke bidang pertukaran mahasiswa, sehingga memungkinkan mahasiswa Fakultas Teknik untuk magang di perusahaan PT Awina Sinergi Internasional.

Terkait pertukaran mahasiswa magang, seleksi akan dilakukan langsung oleh pihak Jepang. Fakultas Teknik akan memberikan pengarahan baik secara offline maupun online kepada mahasiswa. Setelah itu, akan dilakukan wawancara untuk menyaring mahasiswa ke masing-masing perusahaan. Jadi, perusahaan dapat memilih mahasiswa yang disesuaikan dengan kemampuan. Mahasiswa yang lolos kemudian akan medapatkan kursus bahasa jepang dari perusahaan sebelum magang dimulai.

Baca Juga :  Siap Hadapi Tantangan Energi Masa Depan, Pertamina Beri Edukasi dan Peluang bagi Mahasiswa di PGTC 2024

Dengan adanya pertukaran mahasiswa magang ini, diharapkan ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa selama perkuliahan di Fakultas Teknik Universitas Udayana dapat diterapkan di perusahaan Jepang. Serta sekembalinya dari magang mahasiswa dapat menyerap ilmu sebanyak-banyak dari perusahaan Jepang.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Linawati, M.Eng., Sc., Ph.D., mengharapkan Fakultas Teknik menjadi Fakultas dengan kemandirian di bidang energi.

“Kami ingin menjadikan Fakultas Teknik contoh kemandirian di bidang energi karena banyak kerja sama juga. Dengan adanya kerja sama program internship sangat membantu, tentu saja ini sejalan dengan MBKM. Mudah-mudahan segera terealisasi,” ujarnya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News