Puncak HKG
Dari Puncak HKG, PKK Kota Denpasar Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tim Penggerak PKK Kota Denpasar memperingati Puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tahun 2023 dengan mengambil tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh” di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Senin (26/6/2023).

Acara ini dibuka dengan sambutan dan pemotongan tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengaku, peringatan puncak HKG yang  di peringati setiap tahun, merupakan sebuah bentuk momentum pergerakan PKK yang selalu menjadi mitra kerja pemerintah dalam membangun sumber daya manusia bangsa, melalui penguatan karakter keluarga.

HKG PKK juga menjadi sebuah refleksi motivasi para pengurus PKK untuk terus bekerja dan mengabdikan diri sebagai pilar penguatan karakter bangsa melalui upaya penguatan keluarga menuju keluarga sehat dan sejahtera guna tercapainya Indonesia tumbuh.

Baca Juga :  Lepas Tukik dan Melempar Alat Pancing Pertama, Wali Kota Jaya Negara Buka "Biaung Beach Fishing Tournament"

Menurutnya berbagai bentuk kegiatan yang mengimplementasikan 10 program pokok dalam rangkaian peringatan puncak HKG PKK telah dilaksanakan seperti bergerak bersama dalam kegiatan menyapa dan berbagai dengan turun secara langsung melihat dan membantu anak-anak yang terindikasi stunting.

“Melaksanakan berbagai kegiatan yang kita padukan dengan peringatan bulan Bung Karno sebagai langkah menanamkan dan mengenalkan nilai kebangsaan dan semangat pahlawan sejak dini di masyarakat,” ucap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara menegaskan berbagai kegiatan itu bertujuan memberdayakan keluarga melalui peningkatan ekonomi keluarga. Gerakan aku Hatinya PKK juga terus digalakkan melalui kerja sama dengan pihak swasta, OPD terkait dalam menggerakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan berbagai tanaman yang membantu konsumsi pangan keluarga walaupun masih berskala kecil.  Mewujudkan keluarga yang tangguh dan tanggap bencana, dimana isu pembangunan yang menjadi permasalahan pemerintahan adalah stunting.

“Mengatasi itu kita terus lakukan edukasi keluarga bekerjasama dengan dinas DP3AP2KB, Dinas PMD dan Dinas kesehatan,” ungkapnya.

Sebagai simbol kolaborasi, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana melakukan pemotongan tumpeng bersama. Tumpeng tersebut melambangkan semangat kebersamaan dan komitmen dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dan tangguh di Kota Denpasar.

Lebih lanjut Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, melalui program gerakan deteksi cepat anak terindikasi stunting di layanan posyandu, persiapan calon pengganti yang sehat jasmani dan rohani dan pelaksanaan posyandu terpadu paripurna Tim Penggerak PKK Kota Denpasar sehingga kita di Kota Denpasar dapat terus menurunkan angka stunting di masyarakat. Tema HKG ke-51 tahun sangatlah relevan dengan spirit pembangunan Kota Denpasar Vasudhaiva Kutumbakam yang sangat mengedepankan adanya kerja sama gotong-royong melalui filosofi nilai menyama braya. Dharapkan para kader PKK dapat terus bergerak bersama-sama dalam membangun Kota Denpasar melalui upaya penguatan karakter keluarga.

Baca Juga :  KPU Umumkan Syarat Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pilkada Bali 2024

Sedangkan dalam upaya memperkuat kerja sama dengan sektor swasta, dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar dengan Astra Daihatsu Denpasar Cokroaminoto. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memajukan pembangunan di Kota Denpasar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News