Pengabdian Masyarakat
Aksi Peduli Sampah, Poltekkes Kemenkes Gelar Pengabdian Masyarakat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Denpasar mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa kegiatan “Peduli Sampah” di area Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi Renon Denpasar dengan melibatkan seluruh civitas akademik baik Dosen, Tenaga Kependidikan maupun mahasiswa pada Minggu (4/6/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juli.

Program tersebut dilaksanakan sebagai realisasi salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi dan sebagai wujud rasa kepedulian terhadap Lingkungan.

“Ini merupakan bukti komitmen, konsistensi dan kecintaan terhadap lingkungan dalam mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” jelas Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Denpasar, I Wayan Jana.

Menurut Wayan Jana, kegiatan dilakukan berupa edukasi dalam bentuk promosi kesehatan dan aksi bersih sampah di areal monumen, dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT Pegadaian Kanwil VII

Dalam kegiatan tersebut diperkenalkan beberapa cara mudah dan sederhana meningkatkan nilai ekonomi sampah organik maupun anorganik yang dapat dilakukan secara mandiri seperti pembuatan ecoenzym, ekobrick dan pembuatan kompos dengan metode keranjang Takakura.

“Kegiatan diikuti oleh seluruh civitas akademi baik Dosen, Tenaga Kependidikan maupun Mahasiswa dengan memanfaatkan momen Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day, red),” ucapnya.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Denpasar I Wayan Jana, didampingi oleh seluruh Pengelola Jurusan dan dihadiri oleh mahasiswa aktif seluruh angkatan dari dua program studi yaitu Program Studi Sanitasi Program Diploma III dan Program Studi Sanitasi Lingkungan Program Sarjana Terapan.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian setiap orang terhadap lingkungan dengan melakukan hal-hal sederhana yang dapat bermanfaat bagi lingkungan dan menjadi infestasi bagi planet bumi kita (Invest In Our Planet) yang akan diwariskan pada generasi mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan mendapatkan atensi yang tinggi dari pengelola dan pengunjung yang sedang memanfaatkan hari libur di area Bajra Sandhi dan Car Free Day. Kegiatan serupa akan terus dilakukan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan sebagai wujud kepedulian dan kontribusi terhadap penyelamatan serta pelestarian lingkungan.(aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News