Lomba Qasidah
20 Tim Semarakkan Lomba Qasidah Rebana Bupati Jembrana Cup II. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati I Nengah Tamba membuka Lomba Qasidah Rebana Bupati Jembrana Cup II 2023, di Gedung Kesenian Dr. Ir Soekarno, Minggu (25/6/2023). Lomba qasidah rebana tersebut bertujuan untuk membangkitkan dan melestarikan seni budaya warisan leluhur. Dengan mengusung tema “Mari Lestarikan Kesenian Tradisional Menyambut Jembrana Emas 2026”.

Lomba qosidah rebana tersebut diikuti oleh 20 peserta dari berbagai desa/kota di Jembrana. Perlombaan tersebut akan memperebutkan piala bergilir Bupati 2023. Pembukaan lomba tersebut ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati I Nengah Tamba bersama Wabup I.G.N Patriana Krisna.

Usai buka lomba qosidah, Bupati Tamba mengatakan, sejatinya Kabupaten Jembrana banyak memiliki jenis seni budaya tradisional yang ada di masyarakat. Akan tetapi seni kebudayaan tradisional di masyarakat itu masih dipendam.

“Ini merupakan yang ke dua kalinya. Kedepan kita lanjut yang ke tiga dengan hadiah yang lebih besar lagi. Bupati menyambut baik acara ini, terima kasih kepada panitia, karena sejatinya Jembrana ini banyak sekali memendam jenis kebudayaan seni tradisional yang ada di masyarakat Jembrana,” ujarnya.

Baca Juga :  Jembrana Ditetapkan Menteri AHY Sebagai Kabupaten Lengkap 

Bupati menjelaskan, bahwa sebelumnya kegiatan seni budaya tradisional juga sudah laksanakan di loloan. Dirinya pun minta agar daerah-daerah lain tidak kalah saing dengan loloan.

“Kemarin di loloan sudah dilaksanakan seni budaya ada kotekannya ada juga musik sahur dan yang akan datang lagi ini loloan jaman lame. Jadi jangan hanya loloan saja, coba daerah lain yang punya seperti cupel, pengambengan dan air kuning itu harus hidup semuanya ya,” ungkapnya.

Pihaknya jauga mengucapkan selamat berlomba untuk seluruh peserta. Menurutnya kegiatan ini selain untuk menampilkan seni juga sebagai ajang bersilaturahmi.

“Selamat berlomba untuk seluruh peserta, semoga yang menang tidak terlalu berbangga akan tetapi berbangga juga, yang belum beruntung harus tetap semangat. Karena ini merupakan acara ibu-ibu bisa tampil dan bisa bersilaturahmi dengan teman-teman semua disini,” ucap Bupati Tamba.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Husnul Khotimah mengatakan, bahwa lomba qosidah rebana tradisional Piala Bupati tahun 2023 diikuti 20 peserta.

“Untuk tahun ini ada dua kategori pemenang yakni juara qosidah dari juara 1, 2, 3 dan favorit 1, 2 dan 3.  Ada juga juara yel-yel Jembrana Emas 2026 dengan juara favorit 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2 dan 3,” terangnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Lomba Mekendang dan Tari Topeng Keras Desa Padangsambian Kelod

Husnul Khotimah menjelaskan, bahwa pada perlombaan qosidah rebana tradisional Piala Bupati 2023 kali ini untuk lomba yel-yel Jembrana Emas 2026 itu dari panitia tidak menekankan peserta dengan kata-kata, namun panitia membebaskan peserta untuk berkreasi sendiri.

“Kami tidak mengarahkan kata-kata seperti ini itu tidak ada sama sekali. Jadi kami bikin aturan bebas berkreasi tidak ada tekanan apapun,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News