Pura Swagina Taman Sari
Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya Piodalan di Pura Swagina Taman Sari. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertepatan dengan Purnama Jhiesta, Wraspati Kliwon, Wuku Klawu  dilaksanakan Piodalan di Pura Swagina Taman Sari, Desa Dangin Puri Kangin, Kamis (4/5/2023).

Turut hadir dan ikut serta dalam persembahyangan tersebut Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek agus Arya Wibawa didampingi Anggota DPRD Kota Denpasar, Eko Supriyadi, dan Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut Wawali Arya Wibawa berharap dengan dilaksanakannya piodalan ini diharapkan seluruh warga dan pengempon Pura Swagina Taman Sari diberi keselamatan serta kerahayuan.

Sementara Ketua Pengempon Pura Swagina Taman Sari, I Nengah Narsa mengatakan pelaksanaan piodalan ini rutin dilaksanakan setiap tahun tepatnya pada Purnama Jhiesta, Wrespati Kliwon, Wuku Klawu.

Baca Juga :  Hadirkan Kapal Megah di Atas Klinik, OMDC Resmikan Kidz Dental di Bali

Lebih lanjut dikatakannya, adapun pelaksanaan piodalan ini sudah dimulai sejak Minggu, 30 April 2023 dilaksanakan ngawit mekarya uparengga lan masang wastra, lalu dilanjutkan pada tanggal 2 Mei 2023 dilaksanakan Nuwur Tirta, pada 3 Mei 2023 dilaksanakan Melasti (ngubeng) dan Banjahan banten. Dan hari ini merupakan puncak dari Karya piodalan ini yang diiringi dengan tetabuhan, kekawin, topeng wali, serta rejang.

“Tentu kami berharap dengan dilaksanakannya piodalan ini kedepannya dapat meningkatkan srada Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widia Wasa dan mempererat tali persaudaraan antar umat. Terlebih ini merupakan pura masyarakat, sehingga tak hanya dari pengempon melainkan kantor maupun sekolah-sekolah yang berada di sekitar wilayah Pura Swagina Taman Sari juga kami harapkan ikut serta dalam melaksanakan ayah-ayahan sehingga kedepannya dapat meningkatkan serta membangun kebersamaan,” kata Nengah Narsa.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Upayakan Berbagai Langkah Preventif Guna Tekan Angka Stunting 

Setelah di Pura Taman Sari, Wawali Arya Wibawa juga menghadiri Karya Nyenuk, Nangun Ayu, Ngebek lan Piodalan, di Pura Semilasari, Banjar Semilajati, Desa Pemecutan Kaja. Upacara ini juga bertepatan dengan Rahina Wrepasti, Kliwon Klawu nemonin Purnama Sasih Jiyestha.

“Kami mengucapakan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Bapak Wakil Wali Kota Denpasar beserta jajaran, serta memberikan dukungan pelaksanaan upacara yang dilaksanakan kali ini di Pura Semilasari,” ujar Kelihan Adat Banjar Semilajati, Made Oka Susila.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News