Kompetisi Softball
UGM Gelar Kompetisi Softball Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Puluhan tim softball mahasiswa siap beradu dalam kejuaraan UGM Softball Cup 2023 yang akan berlangsung pada 27 Mei hingga 4 Juni 2023 di Lapangan Softball Lembah UGM.

Ketua Panitia UGM Softball Cup 2023, Muhammad Aflah Alshidqi mengatakan, kompetisi ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Softball dan Baseball UGM. Tahun ini, kejuaraan akan diikuti 12 tim softball mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah STT Telkom, UPI, UII, UNY, UGM, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Semarang.

Baca Juga :  Ramadan Makin #GGBerkahnya Bersama POCO

Aflah menjelaskan kejuaraan ini akan diadakan untuk dua kategori yaitu putra dan putri. Adapun pelaksanaan nantinya akan menggunakan sistem grup yang dilanjut dengan semifinal dan final.

“Keduabelas tim tersebut terdiri dari tujuh tim putra dan lima tim putri,” jelasnya, Rabu (24/5/2023).

Ketua UKM Softball dan Baseball UGM, Ahmad Nur Ramadhan menambahkan, UGM Softball Cup 2023 diselenggarakan sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengembalikan eksistensi softball Indonesia. Kompetisi kali ini mengusung tema “Nityasa hurip ta aku ing sabha lwir apuy ujwala tan padem” yang bermakna “Saya selalu hidup di arena bagaikan api menjulang (tinggi) tak padam”.

“Kompetisi ini diadakan sebagai langkah nyata UKM Softball dan Baseball UGM dalam memajukan dan mengembalikan semangat para atlet softball Indonesia. Karena dalam beberapa tahun terakhir ada penurunan kejuaraan softball akibat pandemi,” paparnya.

Baca Juga :  Gelar Santunan Yatim Piatu, PT Hotel Indonesia Natour Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan 1445 H

Lebih lanjut ia menyampaikan, melalui kejuaraan ini juga diharapkan bisa mengembangkan potensi softball yang dimiliki mahasiswa. Selain itu, bisa menumbuhkembangkan nilai-nilai sportivitas dan disiplin serta menjadi ajang promosi olahraga softball di kalangan masyarakat, khususnya Yogyakarta.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News