Lembaga Penyedia Layanan
Tingkatkan Kualitas Keluarga Melalui Penguatan Lembaga Penyedia Layanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Workshop penguatan lembaga penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas keluarga sangat penting. Mengingat lembaga penyedia layanan yang ada di Kota Denpasar memiliki peran yang sangat strategis untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), I Gusti Agung Sri Wetrawati, saat membuka workshop penguatan lembaga penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas layanan, Rabu (3/5/2023) di Gedung Graha Sewaka Dharma.

Workshop yang berlangsung dua hari diikuti 50 peserta dari lembaga penyedia layanan seperti UPTD PPA, Puspaga Kota Denpasar, Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga, FK Puspa, APSAI, Bali Sruti, LBH Apik Lentera Anak Bali dan Aktivitas PATBM desa/kelurahan di Kota Denpasar.

Baca Juga :  NURULS, Tips Berbelok di Persimpangan untuk Wanita Agar Selalu #Cari_Aman

“Kami harapkan bagi lembaga yang memberikan pelayanan pada masyarakat yang membutuhkan agar benar-benar memahami bagaimana meningkatkan kualitas keluarga,” ujar Wetrawati.

Dengan demikian bila ada pengaduan masyarakat terhadap permasalahan keluarga, lembaga penyedia layanan dapat memberikan solusi dan mengarahkan agar penanganan permasalahan keluarga dapat dilakukan dengan baik dan tepat.

Sebagai partner pemerintah lembaga penyedia layanan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan keluarga dan meningkatkan kualitas keluarga itu sendiri. Terutama bila ada masyarakat yang mengalami permasalahan keluarga seperti kekerasan pada anak dan perempuan, peran lembaga penyedia layanan memegang peranan penting untuk memberikan solusi terhadap permasalahan dihadapinya.

Lebih lanjut Wetrawati menambahkan, dalam memberikan solusi tersebut tentunya dibutuhkan persamaan persepsi dan pengetahuan agar masyarakat yang mengalami permasalahan keluarga memahami pentingnya peningkatkan kualitas keluarga.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Siap Dukung Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Langkah Bangkitkan Tata Kelola Pertanahan yang Optimal

“Kami dari DP3AP2KB merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya untuk mencarikan solusi terkait dengan permasalahan keluarga. Salah satunya meningkatkan penguatan lembaga layanan masyarakat,” ujar Wetrawati.

Ketua Panitia Penyerlengara, Putu Etik Sumartini yang juga Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan Kualitas Keluarga Data dan Informasi mengatakan masih adanya permasalahan keluarga tentunya perlu adanya pelayanan yang maksimal. Selama ini pelayanan yang oleh lembaga penyedia layanan sudah baik namun belum optimal.

Untuk itu perlu diadakan workshop bagi lembaga penyedia layanan sehingga dalam memberikan pelayanan dapat memberikan solusi yang baik untuk masyarakat yang keluarganya bermasalah. Dengan demikian permasalahan keluarga dapat diselesaikan dengan baik sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Baca Juga :  Rampung! Raperda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi Serta Raperda tentang Pengarusutamaan Gender Siap Disahkan

Melalui workshop ini, Sumartini berharap dapat meningkatkan keterampilan sensitifitas dalam menangani kasus dan pendampingan untuk mencapai ketahanan keluarga.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News