BAPPENAS
Terima Kunjungan BAPPENAS, Bupati Tabanan Bahas Revitalisasi Pasar Induk Gadarata Singasana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, menerima Anggota Tim Konsultan Bappenas dalam rangka Persiapan Survei dan Kunjungan Lapangan Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan KPBU Revitalisasi Pasar Induk Gadarata Singasana, yang pagi itu berlangsung di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan, Jumat (12/5/2023).

Turut hadir saat itu, Tim BAPPENAS beserta Tenaga Ahli Fasilitasi, Sekda beserta Para Asisten Setda, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tabanan, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Provinsi Bali, Kamar Dagang serta Industri Provinsi Bali serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Provinsi Bali.

Kunjungan studi awal ini mendapat sambutan baik dari Bupati beserta jajaran Pemerintah di Tabanan, dengan harapan kedatangan ini akan dapat memberikan gambaran dan ide-ide menyegarkan untuk dapat dilaksanakan, dalam rangka mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Tabanan.

Di kesempatan itu Sanjaya menjelaskan, Infrastruktur merupakan pondasi dasar dalam pertumbuhan ekonomi. Namun, penyediaan infrastruktur untuk pemenuhan kebutuhan publik memiliki banyak tantangan, seperti terbatasnya anggaran pembangunan yang ada.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Lantik 49 Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan

“Oleh karena itu, dalam rangka penyediaan infrastruktur dan layanannya, Pemerintah Kabupaten Tabanan selama ini telah berupaya melakukan berbagai terobosan diantaranya mencoba melakukan kerja sama antara pemerintah dan badan usaha atau yang lebih dikenal dengan istilah KPBU,” papar Sanjaya.

Kerja sama ini disebutkannya, mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sementara itu, pertemuan pada hari ini merupakan kelanjutan dari beberapa pertemuan sebelumnya yang telah dilakukan baik secara luring maupun daring dengan berbagai pihak di tingkat pusat maupun internal Pemerintah Kabupaten Tabanan.

“Berbagai pertemuan yang telah dilaksanakan bertujuan agar proses KPBU Revitalisasi Pasar Induk Gadarata Singasana Kabupaten Tabanan dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini kami sampaikan, karena kami sangat berharap dengan adanya kerja sama ini nantinya akan dapat mempercepat upaya mewujudkan Visi Misi Kabupaten Tabanan,” terang Sanjaya lebih lanjut.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Tabanan Apresiasi Gerakan Panen Padi Raya di Subak Gadon I Kediri

Atas dasar tersebut, Sanjaya meminta kepada tim KPBU Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan selalu berkoordinasi dengan Tim Bappenas dalam mendukung berbagai kebutuhan data yang diperlukan.

“Berikan data yang valid, akurat dan jujur, lakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai cara baik formal maupun informal melalui berbagai media dan dalam berbagai kesempatan secara intens,” pesannya.

Tak terkecuali, pihaknya juga menyampaikan kepada tim Bappenas, terkait harapannya agar dapat terus membantu Tabanan dalam rangka fasilitasi, pendampingan, dan bimbingan.

“Mohon arahannya, mulai dari penyusunan dokumen perencanaan proyek sampai nantinya mendapatkan badan usaha yang akan merevitalisasi pasar Induk Gadarata Singasana Tabanan,” imbuh Sanjaya.

Penting baginya untuk menyampaikan point tersebut, sebab Tabanan memiliki komitmen dan keyakinan bahwa inilah momentum untuk membenahi wajah Kota Tabanan dan mewujudkan Tabanan Era Baru serta mendukung haluan pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru.

Baca Juga :  Polsek Tabanan Cek Harga Bahan Pokok Beras

Senada dengan harapan Bupati Tabanan, Tim Tenaga Ahli KPBU, Dr. Herawati Zetha, S.T., M.T menerangkan, kehadiran tim dalam tahap 2 kali ini, yakni pelaksanaan survei di lapangan bertujuan untuk memotret langsung harapan dari stakeholder baik secara instansional maupun dari pedagang. Dilihat dari lokasi strategis yang dimiliki pasar induk Gadarata Singasana diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata terutama wisatawan asing.

“Pasar Induk ini setidaknya dikelilingi oleh 12 wilayah wisata, kita lihat bagaimana kita bisa menjadikan pasar Tabanan memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang berkunjung ke daerah lokasi wisata, menjadi pusat kuliner, dan mudah-mudahan kami diberikan kemampuan untuk bisa mewujudkan cita-cita kita semua,” terangnya.

Pihaknya juga menegaskan akan membantu pembangunan dengan membuat zonasi pasar agar lebih tertata dan lebih baik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News