Pasar Semat Sari
Tanggap Darurat, Pertamina Peduli Korban Kebakaran Pasar Semat Sari Tibubeneng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Musibah kebakaran melanda Pasar Semat Sari Desa Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung, Bali pada Jumat (5/5/2023) malam. Pasca kebakaran dapat teratasi, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai cepat tanggap memberikan bantuan didahului dengan menurunkan tim asesmen dan bertemu dengan para pedagang pasar yang sedang membersihkan sisa barang dagangannya pada Sabtu (6/5/2023) siang.

Asesmen dilakukan bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Tibubeneng dan Polres Badung. Berdasarkan informasi jumlah pedagang terdampak yakni 58 orang terdiri dari 25 pedagang pemilik kios dan 33 pedagang pemilik los.

“Beruntung tidak ada korban jiwa,” tutur Kapolres Badung, Teguh Priyo Wasono.

Pertamina DPPU Ngurah Rai menyerahkan bantuan berupa paket sembako dan dukungan modal usaha dengan total bantuan lebih kurang tiga belas juta rupiah yang langsung diserahkan kepada korban terdampak, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga :  Semarak Ramadhan, Rohis Astra Motor Bali Gelar Buka Puasa Penuh Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

Pemberian bantuan ini merupakan bagian dari Program Pertamina Peduli yang digagas untuk membantu meringankan beban masyarakat ketika terjadi bencana.

“Terima kasih kepada Pertamina yang sudah peduli dan cepat tanggap membantu kami pedagang di Pasar Semat Sari, ini merupakan bantuan pertama yang turun kepada kami setelah bencana. Terutama dengan pemberian modal usaha ini yang sangat kami butuhkan. Semua barang dagangan tidak ada yang tersisa, rencana relokasi di tempat baru pun pedagang hanya mendapat tempat untuk berdagang namun modal dagangan menjadi tanggungan pedagang masing-masing. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina,” tutur Bagus Putu Eka, salah satu pedagang korban kebakaran Pasar Semat Sari.

Baca Juga :  Ciptakan Generasi Tangguh dan Mandiri, Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

Berlokasi di Pura Merajapati Lan Tungkub distribusi bantuan penunjang modal usaha dan sembako diberikan kepada 58 pedagang. Dalam kegiatan penyerahan bantuan juga dihadiri Kapolres Badung beserta jajarannya.

“Kami berkolaborasi dengan Pertamina memberikan dukungan moral dan materil untuk masyarakat terdampak bencana kebakaran Pasar Semat Sari. Semoga para korban dapat kembali bersemangat untuk berusaha dan dapat berdagang lagi,” ujar Kapolres Badung.

Pada kesempatan yang sama Pertamina DPPU Ngurah Rai menyampaikan turut berduka atas musibah tersebut dan menyatakan komitmen untuk mendukung para pedagang korban kebakaran.

“Pertamina dalam hal ini DPPU Ngurah Rai akan terus berkomitmen melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan di masyarakat. Tanggap darurat ini merupakan komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian dan keharmonisan sosial,” jelas Sigit Gentur Sutopo, Sr. Supervisor Planning & Maintenance DPPU Ngurah Rai.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Tetap Resilien dan Terjaga Stabil

Area Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menambahkan, penyaluran bantuan ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan kepada masyarakat sekitar. Dalam hal ini perusahaan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak kebakaran di Pasar Semat Sari Desa Tibubeneng sebagai salah satu wilayah yang berada di lokasi operasional perusahaan.

“Tentunya harapan kita bersama semoga kerusakan yang terjadi akibat kebakaran ini dapat segera teratasi. Semoga kehadiran Pertamina Peduli bagi masyarakat di Desa Tibuneneng ini bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi masyarakat korban kebakaran,” tutup Ahad.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News