Kicau Mania
Sekda Wayan Adi Arnawa membuka secara resmi Lomba Burung Berkicau Bali Shanti Cup V di Lapangan Outdoor Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Minggu (28/5/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Mewakili Bupati Badung, Sekretaris Daerah Badung, I Wayan Adi Arnawa membuka secara resmi Lomba Burung Berkicau Bali Shanti Cup V yang ditandai dengan pelepasan burung perkutut, bertempat di Lapangan Outdoor Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Minggu (28/5/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Pusat Pelestari Burung Indonesia (PBI), H. Bahgia Rahmadi, Ketua Pengda PBI Bali, Ketua Cabang PBI Kabupaten/Kota se-Bali, tokoh masyarakat Putu Dendy Astra Wijaya serta para peserta lomba.

Sekda Adi Arnawa menyambut baik dan memberi apresiasi terhadap pelaksanaan lomba dan pameran burung berkicau yang diselenggarakan oleh komunitas Pelestari Burung Indonesia (PBI).

“Saya berharap event ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan tiap tahun serta lebih ditingkatkan lagi dengan inovasi baru dan peserta dari berbagai daerah. Kegiatan ini saya pandang memiliki makna yang sangat penting dan strategis karena disamping dapat menyalurkan hobi dari para pecinta burung dan sekaligus terkandung makna pelestarian hewan yang dalam hal ini burung berkicau. Terkait dengan pelestarian burung ini adalah sudah sesuai dengan konsep Hindu di Bali yaitu Tri Hita Karana yang menyebutkan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam. Hari ini membuktikan bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan hari ini menunjukan bahwa ada keberpihakan dengan alam lingkungan yang mana diharapkan dapat mencegah perburuan burung-burung dan perusakan alam lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pertama di Dunia! Meet and Greet MotoGP Sambut Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika

Sementara Ketua Panitia penyelenggara Wayan Sumiarta menyampaikan terima kasih kepada Sekda Badung yang telah membantu fasilitas tempat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana di Kabupaten Badung Bali.

“Kegiatan Bali Shanti Cup V ini merupakan ikonnya PBI di Bali dan mudah-mudahan ke depannya PBI Bali bisa didaftarkan di Pemerintah Kabupaten Badung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perputaran ekonomi di masyarakat serta memperkenalkan Bali sebagai daerah destinasi wisata yang dimana para peserta lomba burung kicau ini diikuti oleh kurang lebih 500 orang peserta yang berasal dari Jawa, Bali dan Lombok. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sehingga untuk tahun depan dapat diselenggarakan di Bali dengan peserta yang lebih banyak lagi dari berbagai daerah di Indonesia,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News