Unud
Review dan Bimbingan Teknis Self Evaluation Report Akreditasi FIBAA 14 Program Studi Sosio-Humaniora. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka persiapan tahap akhir akreditasi FIBAA, LP3M Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Review dan Bimbingan Teknis Self Evaluation Report (SER) – FIBAA, pada Jumat (26/5/2023) di Hotel Mercure – Bali Sanur Resort.

Sebanyak 14 (empat belas) program studi dengan predikat akreditasi A atau unggul telah ditunjuk oleh Rektor Universitas Udayana untuk mempersiapkan dan mengikuti akreditasi internasional ini, yang dikelompokkan dalam 4 kluster sesuai fakultasnya, masing-masing Program Studi S1-Sastra Inggris, S1-Sastra Jepang dan S1-Sastra Indonesia (Fakultas Ilmu Budaya); Program Studi  S1-Manajemen, S1-Ekonomi, S1-Akuntansi, dan S2-Akuntansi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis); Program Studi S1-Industri Perjalanan Wisata, S1- Pariwisata, S2-Pariwisata, dan S3-Pariwisata (Fakultas Pariwisata); serta Program Studi S1-Ilmu Hukum, S2-Ilmu Hukum, dan S3-Ilmu Hukum (Fakultas Hukum).

Baca Juga :  Kinerja Penjualan Eceran di Bali Meningkat di Maret 2024

Persiapan akreditasi FIBAA ini telah melalui persiapan panjang sejak kick-off bulan Maret 2022, workshop-workshop sosialisasi, persiapan dan penulisan SER, benchmarking ke Universitas Diponegoro Semarang, evaluasi oleh reviewer eksternal pada September 2022 oleh Dr. Dhanang dari Undip dan Novrys Ph.D. dari Unair.

Persiapan juga dilakukan dengan memfasilitasi 14 program studi tersebut (dan 6 program studi lain yang mengikuti akreditasi internasional IABEE dan ASIIN) untuk mengikuti bimbingan teknis akreditasi internasional yang diselenggarakan oleh Belmawa dan 3 PT masing-masing Unair, ITS, UII sejak Agustus – November 2022.

Baca Juga :  Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat karena dilakukan secara terprogram sistematis, terstruktur dan terukur, sehingga diharapkan setiap program studi benar-benar dapat mengambil manfaat secara maksimal.

Bimbingan Teknis dan Review yang diadakan kali ini diselenggarakan dengan reviewer eksternal Prof. Dr. Ing. Ir. Herman Parung, M.Eng. dari Universitas Hasanuddin. Prof. Herman Parung merupakan salah satu Lead Assesor AUN-QA dari Indonesia, yang telah melakukan evaluasi SER/SAR/LED untuk berbagai akreditasi internasional seperti AUN-QA, ASIIN, FIBAA dan IABEE. Naskah SER FIBAA Unud yang dibedah dalam kegiatan ini, sebelumnya telah dievaluasi dan direview secara detail dua minggu sebelum kegiatan yang dilakukan di Hotel Mercure Sanur. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News