Pura Luhur Ratu Mas Sakti
Pemugaran Pura Luhur Ratu Mas Sakti yang berlokasi di Pantai Segara Seseh, Desa Asat Seseh, Badung rampung. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Proyek renovasi dan pemugaran Pura Luhur Ratu Mas Sakti yang berlokasi di Pantai Segara Seseh, Desa Asat Seseh, Mengwi, Badung, yang berlangsung sejak 18 Juli 2022 akhirnya selesai pengerjaannya. Pengempon Pura bersama masyarakat seseh dan Puri Ageng Mengwi akan segera melaksanakan upacara Ngenteg Linggih yang puncaknya akan berlangsung pada 24 Mei 2023 mendatang.

Dalam kesempatannya, kepada awak media Pelingsir Puri Ageng Mengwi, Anak Agung Gde Agung pada Rabu (10/5/2023) menjelaskan, sebelumnya telah dilaksanakan nyungkat lam nancep sanggap pada Minggu (7/5/2023) lalu, dan selanjutnya pada sukra kliwon watugunung akan dilakukan upacara mecaruan manca kelud yang akan dilaksanakan pada 21 Mei 2023, dan puncak upacara akan berlangsung pada 24 Mei 2023 yang akan dipuput oleh dua sulinggih.

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Tabanan Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur Bangli

“Puncak Karya akan berlangsung pada 24 Mei 2023, akan dipuput oleh Ida Pedanda Putra Sidemen dari Griya Sidemen Gulingan Mengwi dan Ida Pedanda Gede Jelantik Santacita dari Griya Jadi Tabanan,” ujar Gungde Agung kepada Baliportalnews.com.

Mantan Bupati Badunh tersebut juga menjelaskan, Pura Luhur Ratu Mas Sakti merupakan amongan (tanggung jawab, red) Puri Ageng Mengwi dan Desa Adat Seseh selaku pengemong. Mengenai adanya pemugaran yang dilakukan, ada sebanyak tujuh pelinggih terdiri dari satu buah meru tumpang 11, dua gedong alit, dua paruman, satu pepelik, serta satu bale gong yang direnovasi sejak Juli 2022.

Baca Juga :  Sekda Kota Denpasar Hadiri Pujawali di Pura Swagina Taman Sari

“Juga dilakukan perluasan areal suci pelinggih kurang lebih 2 meter, serta meninggikan area halaman Pura. Semua biaya pembangunan berasal dari Puri Ageng Mengwi,” paparnya. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News