Unud
Prodi Sarjana Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud Gelar Penelitian Lapangan I di Kabupaten Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Prodi Sarjana Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud Gelar Penelitian Lapangan I di Kabupaten Jembrana selama tiga hari dua malam dari 26-28 Mei 2023.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pariwisata, I Komang Gede Hendra Susanta, SS., di Gedung Dinas Budaya dan Pariwisata  Kabupaten Jembrana.

Bertemakan Discovering the Hidden Gems of Jembrana: Exploring the Development of Jembrana’s Tourism Products, kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa Program Studi Pariwisata Program Sarjana Universitas Udayana mampu mengidentifikasi fenomena pariwisata di Kabupaten Jembrana.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahapan yakni penelitian dan juga ujian penelitian. Tahapan ujian dilaksanakan secara hybrid (online & offline). Sebanyak 111 mahasiswa & 8 dosen hadir secara offline dalam kegiatan tersebut. 111 orang mahasiswa terbagi menjadi 18 kelompok dan tersebar di 18 titik destinasi di Kabupaten Jembrana.

Baca Juga :  Pastikan Rekrutmen Prioritaskan Warga Lokal, Bupati Jembrana Pantau Rekrutmen PT Mitra Prodin

Dosen pengampu sekaligus koordinator Penelitian Lapangan 1, I Gusti Agung Oka Mahagangga berharap PL 1 di kabupaten Jembrana dapat meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa terutama aplikasi konsep dan teori Ilmu Pariwisata di lapangan. Secara praktis, temuan penelitian dari para mahasiswa dengan arahan para dosen pendamping diharapkan mampu memberikan strategi alternatif maupun rekomendasi bagi peningkatan kualitas pariwisata Kabupaten Jembrana.

“Kabupaten Jembrana memiliki segudang potensi, sekarang tinggal memilah yang prospektif sebagai produk wisata sesuai dengan keadaan pasar wisatawan saat ini,”ungkap Mahagangga.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

Ketua Panitia Mahasiswa, Chrysanta Tritania menyampaikan “Penelitian Lapangan merupakan kegiatan wajib, kami bisa belajar melakukan penelitian pariwisata di kondisi yang sebenarnya.” Tania juga sangat mengapresiasi kerja keras seluruh panitia yang terdiri dari mahasiswa di bawah arahan para osen pengampu mata kuliah Penelitian Lapangan I tahun 2023. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News