Mesangih
Jaya Negara Ngayah Nyangging, Serangkaian Piodalan Padudusan Alit Pura Taman Mertasari Banjar Tatasan Kaja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara ngayah Nyangggingin rangkaian Piodalan Padudusan Alit di Pura Taman Mertasari, Banjar Tatasan Kaja, Denpasar Utara, Minggu (7/5/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Anggota DPRD Kota Denpasar Nyoman Sumardika, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, serta undangan dan tokoh masyarakat desa setempat.

Disela-sela upacara tersebut Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan, upacara potong gigi di Bali merupakan bagian dari Manusa Yadnya. Ini merupakan konsep siklus hidup dari bayi di dalam kandungan, lahir, hingga perkawinan. Manusa Yadnya merupakan filosofi untuk memanusiakan manusia. Dimana Upacara Potong Gigi atau Metatah di Bali dilakukan bukan tanpa makna. Potong Gigi ini bermakna menemukan hakikat manusia dan terlepas dari Sad Ripu. Sad Ripu adalah enam jenis musuh manusia yang timbul akibat perbuatan yang tidak baik. Dan potong Budaya gigi ini dilakukan sebagai doa dan ritual untuk membangkitkan kekuatan spiritual dalam melawan ke enam musuh tersebut.

Sementara Ketua Panitia, I Wayan Edi Wijaya mengatakan, kegiatan metatah ini merupakan rangkaian Piodalan Padudusan Alit di Pura Taman Mertasari, Banjar Tatasan Kaja.

Baca Juga :  Gede Ngurah Ambara Putra Resmi Menjadi Anggota DPD RI, De Gadjah : Sinergi Parpol dan DPD Kunci Membangun Bali

Pura Taman Mertasari ini merupakan pura dadia yang di empon oleh 10 KK, dimana pelaksanaan Upacara Pedudusan Alit ini dilaksanakan setelah di lakukan pamugaran pura yang dilaksanakan selama 6 bulan, sekaligus melaksanakan Metatah sebanyak 15 orang dari 10 KK Pengempon.

“Saya pribadi bersama pengempon Pura Taman Mertasari mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Denpasar, terutama Bapak Wali Kota Denpasar dan Bapak Ketua DPRD Kota Denpasar karena berkenan hadir dan memberikan doa stimulannya berupa dukungan dan bantuan kepada Pura Taman Mertasari ini, semoga dengan kegiatan ini bisa selalu meningkatkan srada Bhakti dan menjaga kerukunan antar umat beragama serta pengempon pura,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News