Warga Bangli
Jaga Nilai Luhur Adat dan Budaya, Wabup Diar Bangga Akan Harmonisasi Pasemetonan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Menjadi kebanggan tersendiri bagi Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, saat menghadiri undangan serangkaian upacara dibeberapa tempat di Kecamatan Susut, pada Senin (29/5/2023) akan harmonisasi dalam menjaga nilai-nilai luhur dan budaya.

Dalam kesempatannya itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangli, I Wayan Diar di tengah-tengah menghadiri 3 undangan (uleman) di Kecamatan Susut yakni, Upacara Rsi Gana lan mendem pedagingan di merajan dadia Arya Kenceng Tegeh Kori, Desa Adat Sala, Upacara Rsi Gana lan mendem pedagingan di merajan Dadia Pande Desa Adat Sala dan Upasaksi Ngenteg Linggih di Pura Dalem Pande Desa Adat Apuan, dirinya merasa senang karena pasemetonan ini sudah besatu tatkala menjalankan upacara yadnya dengan ikhlas sesuai dresta dan keyakinan, dan ini merupakan bagian terpenting sebagai modal besar membangun kemajuan  kabupaten Bangli ke depan.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

“Dari semua pasemetonan baik dadia, banjar dan adat yang melaksanakan upacara di Bangli menunjukan persatuan yang amat kuat, dilihat dari sisi upakara berjalan sesuai harapan, saling membantu, gotong royong utamakan, adat dan keamanan yang kuat turut bersatu padu dalam menyukseskan yadnya yang diharapkan oleh masing-masing pasemetonan. Inilah bukti nyata masyarakat Bangli tetap menjaga rasa persaudaraan dan saling menghormati satu sama lain sehingga, keharmonisan hidup bermasyarakat dalam beryadnya dapat berjalan lancar, diberikan keselamatan untuk kita semua dan pemerintah Kabupaten akan selalu hadir ditengah-tengah untuk masyarakat,” tegas Wabup Diar.

Ditegaskan kembali Wabup Diar, dengan adanya berbagai pasemetonan yang telah tertata dan terdata rapi di Kabupaten Bangli, tentunya pasemetonan ini bukan bukan berarti mengkotak-kotakan masyarakat di Kabupaten Bangli, akan tetapi menjadi satu kesatuan bagian kuat untuk Kabupaten Bangli dengan cara pengkoordiniran masing-masing pasemetonan melalui proses komunikasi baik dan sejalan, penuh sinergitas dan mengutamakan kepentingan bersama.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

“Niscaya Bangli akan tetap aman damai dan pembangunan pun akan selalu berjalan sesuai visi dan misi Kabupaten Bangli,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Pura Dalem Pande Desa Adat Apuan, I Made Sugita mengatakan, upakara yang digelar untuk Ida Bhatara yang berstana Pura Dalem Pande ini bertujuan untuk  keselamatan dan kerahayuan jagat.

“Upacara yang terselenggara ini berkat 40 KK pengempon pura, disamping adanya dukungan penuh warga masyarakat setempat dan dari mahasemaya Warga Pande dari tingkat provinsi sampai kabupaten,” ucapnya.

Mewakili warga pande setempat, ia pun menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Bangli yang turut hadir di tengah-tengah warga yang lagi melaksanakan serangkaian upakara. Berharap dengan adannya kehadiran sosok pemimpin yang hadir di tengah-tengah kegiatan upacara adat masyarakat dapat menumbuhkan jiwa yang kuat untuk menjaga nilai-nilai luhur adat, agama dan budaya. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News