Urban Farming
Astra Motor Bali Berikan Bibit Sayur, Upaya Bina Kader Posyandu untuk Urban Farming. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Konsep pertanian perkotaan atau urban farming dewasa ini menjadi solusi baru ditengah berkurangnya lahan terbuka hijau. Melalui konsep pertanian mini ini masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang terbatas menjadi lebih produktif.

Sebagai wujud kepedulian dalam bidang lingkungan sosial dan pengembangan masyarakat, Astra Motor Bali memberikan bantuan bibit sayur dan melakukan pembinaan serta pendampingan untuk kader Posyandu dan pengurus Banjar Margajati yang merupakan area satu dimana Astra Motor Bali berlokasi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (13/5/2023) ini, berkolaborasi dengan kelompok pemuda petani dalam melakukan pembinaan dan pendampingan kepada kader posyandu dan pengurus banjar Margajati. Pada kesempatan tersebut diawali dengan penyerahan bibit sayuran dari Astra Motor Bali kepada kelompok pemuda petani yang selanjutnya akan membagikan bibit tersebut kepada para kader posyandu dan pengurus yang akan memulai proses semai.

Dalam pertemuan pendampingan awal, para kader posyandu di berikan pemahaman teori tentang Hidroponik rumah tangga. Materi pengajaran yang akan diberikan para pembina dari kelompok Petani Muda Bali bertahap mulai dari persiapan instalasi, pemilihan bibit, memberikan nutrisi, tehnik semai dan pemantauan hingga 3 kali pertemuan program. Kegiatan ini diikuti 30 orang kader posyandu dan pengurus Banjar Margajati.

Baca Juga :  Kunjungi IKM di Jembrana, Pj Ketua Dekranasda Bali Motivasi Para Perajin Agar Terus Berinovasi

PIC CSR Astra Motor Bali, Tangguh Rinekso mengatakan program pembinaan dan pendampingan dalam hal ketahanan pangan merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan social dan pengembangan masyarakat yang sesuai dengan program ‘Sinergi Bagi Negeri’.

“Melalui program Sinergi Bagi Negeri dalam bentuk bantuan bibit serta pembinaan dan pendampingan ini dapat bermanfaat bagi kader posyandu untuk peningkatkan dan mengembangkan kompetensi dalam hal urban farming. Dengan melihat antusias para kader posyandu yang sangat bersemangat belajar, kami optimis hasil dari pembinaan ini akan bermanfaat karena dengan kolaborasi pemuda petani Bali ini akan berakhir hingga kunjungan serta pantauan  perawatan hingga hasil panen,” ungkap Tangguh.

Baca Juga :  Fox Hotel Jimbaran Beach Bali Gelar Aksi Sosial 'The Dedication of Modern Kartini' di SD Negeri 6 Muncan

Kelompok Pemuda Petani Bali yang menjadi pembina program urban farming ini telah menekuni Hidroponik selama 11 tahun. Adapun  kegiatan yang dilakukan selama ini adalah  pertanian umum, buah, hidroponik, sayur, jasa instalasi, edukasi program pembelajaran dan aerowisata.

“Kami berharap petani muda dapat meningkatkan image bahwa bertani itu keren, menambah motovasi bahwa berkebun itu mengasikkan,” ungkapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News