Tinaju Situasi Upacara IBTK
Wakil Gubernur Bali Lakukan Peninjauan Situasi Pelaksanaan Upacara IBTK di Pura Agung Besakih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I.G.W Samsi Gunarta melakukan peninjauan situasi pelaksanaan Upacara Ida Betara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, Selasa (18/4/2023).

Mengawali peninjauan pada sore hari ini, Wagub Bali beserta rombongan meninjau Anjungan Service Gratis 24 jam dan layanan emergency bagi pemedek Pura Besakih yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Bengkel Mobil Bali (PBMB). Koordinator harian PBMB, Nyoman Kariasa menyampaikan, bahwasannya kegiatan ini sudah dilaksanakan untuk ke-4 kalinya serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih. Pihaknya membantu para pemedek yang kendaraannya mengalami masalah dan layanan ini diberikan secara gratis.

Baca Juga :  Resmi Tersangka, Buruh Bangunan Setubuhi Siswi SD Langsung Ditahan

Seusai meninjau anjungan service gratis 24 jam PBMB, Wagub Cok Ace berkesempatan meninjau Parkir Kedungdung yang merupakan areal parkir bagi para pemedek yang tangkil dengan menggunakan kendaraan bus. Dari Parkir Kedungdung menuju Pura Manik Mas, disediakan shuttle bus gratis yang mengangkut para pemedek. Setiap harinya ada sekitar 20 shuttle bus yang beroperasi selama 24 jam yang mengangkut para pemedek dari Parkir Kedungdung ke Pura Manik Mas dan sebaliknya.

Dalam peninjauan kali ini, orang nomor dua di Bali ini juga berkesempatan bertatap muka dengan sejumlah masyarakat serta para pelajar yang baru saja selesai bersembahyang dan tiba di Parkir Kedungdung dengan shuttle bus. Masyarakat sangat mengapresiasi tatanan baru serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih. Dengan tatanan baru ini, para pemedek merasa nyaman disamping karena tatanan parkir dan pedagang lebih tertib juga banyak petugas di lapangan yang membantu para pemedek. Menanggapi hal tersebut, Wagub Cok Ace mengajak masyarakat untuk bersama-sama mematuhi aturan yang ada dan bersama sama pula merawat dan menjaga kebersihan semua fasilitas yang ada, dengan demikian akan tercipta kenyamanan bagi kita semua dalam melaksanakan persembahyangan di pura terbesar di Bali ini.

Baca Juga :  Liburan Tragis, Pegawai Depo Pertamina Tewas Terseret Ombak di Pantai Bias Tugel

Wagub Cok Ace yang turut didampingi oleh Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, I Gusti Lanang Muliarta dan Bendesa Adat Besakih, Jero Mangku Widiartha juga berkesempatan menghaturkan persembahyangan di Pura Penataran Agung Besakih. Wagub Bali beserta rombongan berjalan kaki dari areal Parkir Manik Mas menuju Pura Penataran Agung sambil sesekali melayani masyarakat yang minta untuk berswafoto.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News