Pramuka
Wabup Diar Ajak Pramuka Ramaikan Alun-alun Saat HUT Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Rapat kerja yang dilaksanakan pada Selasa (18/4/2023) tersebut bertempat Aula Dibya Sabha SMKN 1 Bangli, dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli, Pengurus Kwarcab Bangli dan alat perlengkapannya, Mabiran se-Kwarcab Bangli, Ketua Kwartir Ranting, se-Kwarcab Bangli, Korwil Kecamatan Disdikpora se-Kabupaten Bangli, serta undangan lainnya.

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli, I Komang Pariarta dalam laporannya menyampaikan, Rapat Kerja Cabang ini merupakan forum konsolidasi dan koordinasi bersama antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli dengan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se- Bangli yang diselenggarakan setidaknya setahun sekali.

“Melalui Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangli Tahun 2023, kita dapat melaksanakan Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan selama satu tahun dan hari ini kita mengevaluasi Program Kerja tahun 2022, serta menyusun rencana Strategik Pramuka kedepan dengan memperhatikan Program Kerja Nasional, Program Kerja Bali dan Kwarcab Bangli yang dilaksanakan pada 28 Februari 2023 bertempat di Ruang Rapat kantor Disdikpora Kabupaten Bangli,” jelasnya.

Dengan mengusung tema ‘Semangat Pengabdian dan Soliditas Menuju Kwartir Cabang yang Kuat Dalam Mendukung Bangli Era Baru’, dan Moto ‘Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Bhaktikan’, rapat kerja kali ini membahas tentang Laporan dan evaluasi program kerja tahun 2022, Sosialisasi, koordinasi, dan kosultasi program kerja tahun 2023 serta Pembahasan dan koordinasi rencana program kerja tahun 2024.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Acara Duta GenRe Bangli 2024

Sementara itu, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli, dalam sambutannya menyampaikan, Rapat Kerja Cabang ini akan membahas beberapa hal diantaranya Laporan dan evaluasi program kerja tahun 2022, Sosialisasi, koordinasi, dan kosultasi program kerja tahun 2023 serta Pembahasan dan koordinasi rencana program kerja tahun 2024.

“Diharapkan ketiga hal tersebut menjadi pedoman bagi kwartir dan satuan Gerakan Pramuka di Bangli dalam menyusun rencana dan program kerja secara terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga, dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

Menurutnya gerakan Pramuka harus bisa menyampaikan narasi yang baik ditengah masyarakat. Ini bertujuan agar membangkitkan kepercayaan diri serta membangun optimisme. Kita adalah bangsa besar, bangsa yang kuat, dan bangsa yang maju.

“Gerakan Pramuka harus bisa menjadi contoh dan harus tangguh dalam menghadapi setiap tantangan, semoga kita bisa lebih kuat dan lebih maju. Karena sejatinya Pendidikan Karakter Bangsa dalam melakukan Revolusi mental ada pada Pendidikan Kepramukaan,” tegasnya.

Pramuka harus mampu menghasilkan sosok Pramuka yang handal sebagai bekal untuk kehidupannya di masa depan. Mengingat saat ini generasi muda hidup di “jaman now” di mana segala sesuatunya serba digital dan generasi muda kita sudah melek dengan teknologi informasi, sehingga menuntut kita sebagai orang tua dan anggota dewasa untuk mempertajam proses internalisasi nilai-nilai luhur kepramukaan generasi muda melalui Satya dan Darma Pramuka guna benteng moralitas anggota Gerakan Pramuka.

Baca Juga :  Pemprov Bali Hadir, Bantu Tiga Krama Bangli Miliki Rumah Layak Huni

Dalam kesempatan tersebut Wabup Diar mengajak semua Kwartir Ranting menggerakkan Gugus depannya yang ada dipangkalan Gugus depan di sekolah masing-masing dengan membuat kegiatan sebagai wadah dan ajang kompetisi sehingga Gerakan Pramuka di Bangli semakin maju dan selalu bergerak ke arah yang lebih baik.

“Untuk hal itu maka saya minta agar Kwartir Cabang Bangli yang didukung oleh Kwartir Ranting dengan mengerahkan Pramuka di Gugus depan masing-masing, dari tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak untuk membuat kegiatan gebyar untuk mencoklatkan Bangli lewat Gerakan Pramuka dalam Rangka memperingati HUT Bangli Tahun 2023,” pintanya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News