Beasiswa BI
Tumbuhkan Generasi Penerus yang Berkualitas, Bank Indonesia Berikan Beasiswa Kepada Mahasiswa dan Pelajar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali melaksanakan jumpa perdana bagi penerima beasiswa Bank Indonesia pada Sabtu (15/4/2023) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Wakil Gubernur Bali, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, serta pimpinan universitas dan sekolah penerima beasiswa. Program Beasiswa Bank Indonesia di Provinsi Bali pada tahun 2023 diberikan kepada 225 orang mahasiswa/i jenjang sarjana (S1) reguler di dua PTN mitra kerja sama yaitu Universitas Udayana dan  Universitas Pendidikan Ganesha, serta dua PTS yaitu Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Warmadewa. Selain itu, beasiswa juga akan diberikan kepada 30 orang siswa/i di SMK Dwijendra. Jumlah penerima beasiswa SMK mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 20 orang.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan Banten di Banjar Mertasari, Desa Penatih Dangin Puri

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan, bahwa pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di mana Bank Indonesia berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia dan mencetak generasi unggul. Bank Indonesia telah memberikan beasiswa sejak 2011.

“Bank Indonesia juga telah menyiapkan komunitas penerima beasiswa dalam wadah Generasi Baru Indonesia (GenBI) untuk berkarya, mengabdi dan berkontribusi untuk negeri. GenBI telah didirikan sejak 11 November 2011, dimana GenBI merupakan tempat untuk mengasah berbagai macam soft skill seperti kecerdasan, inovasi dan bakat kepemimpinan. Untuk itu, diharapkan agar GenBI dapat semakin berprestasi dan berperan aktif pada seluruh Program Kerja yang akan dilaksanakan oleh GenBI Provinsi Bali di tahun 2023,” tambah Trisno.

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya menyampaikan, agar penerima beasiswa tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diperoleh. Agung Rai juga berpesan kepada para penerima beasiswa untuk tidak puas dengan capaian saat ini, namun agar terus mengembangkan diri dan mendapatkan beasiswa S2 dan S3. Lebih lanjut, Agung Raimengajak agar mahasiswa dapat berkontribusi di seluruh sektor ekonomi, sehingga perekonomian Bali menjadi lebih kuat.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Beberkan Persiapan Pemprov Bali Sambut Event Internasional WWF ke-10

Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Sukawati menekankan, bahwa kegiatan pemberian beasiswa ini sejalan  dengan Visi “NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI MELALUI POLA PEMBANGUNAN SEMESTA BERENCANA MENUJU BALI ERA BARU”, khususnya pada misi ke-6, yaitu ”Mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi yaitu berkualitas dan berintegritas: bermutu, profesional dan bermoral serta memiliki jati diri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali”. Misi tersebut diwujudkan dengan mengembangkan sumber daya manusia Bali unggul untuk mengisi pembangunan Bali Era Baru dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif, dalam skala lokal, nasional, bahkan internasional.

Para penerima beasiswa Bank Indonesia juga unjuk kebolehan dalam kemeriahan acara jumpa perdana ini. Penampilan yang diberikan antara lain tari pendet sebagai tari pembuka, tari hiburan, serta penyanyi dengan iringan piano salah satu penerima beasiswa.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News