Metemu Wirasa
Tangkap Aspirasi Masyarakat, Bupati Sanjaya Metemu Wirasa dengan Krama Gerokgak Tengah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Membangun sinergi dengan masyarakat merupakan salah satu upaya Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM, dalam rangka mewujudkan pembangunan menyeluruh secara sekala dan niskala di Kabupaten Tabanan. Selain inten Berkantor di Desa serta turun ke masyarakat, Bupati Sanjaya juga gelar inovasi Temu Wirasa dengan krama/masyarakat yang kali ini dilakukan di Banjar Gerokgak Tengah, Desa Delod Peken, Tabanan, Jumat (14/4/2023) pagi.

Kehadiran orang nomor satu di Tabanan di Banjar Gerokgak Tengah sekaligus untuk memenuhi undangan krama yang melaksanakan Upacara Pemelaspasan dalam rangka Nangiang Ratu Ayu dan Ratu Gede di Kahyangan Jagad Pura Luhur Pejumut. Kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Pura Luhur Pejumut tersebut disambut antusias oleh krama setempat, dimana nuansa kekeluargaan kental terlihat mengulang kesuksesan Temu Wirasa sebelumnya.

Tercatat sampai saat ini Bupati Sanjaya telah 31 kali Berkantor di Desa serta 2 kali Metemu Wirasa yang terbilang cukup sukses tangkap Aspirasi masyarakat, dimana dalam kesempatan turun ke masyarakat selalu beserta jajaran Legislatif dan jajaran OPD. Sama halnya di Banjar Gerokgak Tengah, Sanjaya bersama anggota DPR RI diwakili stafsusnya, Wakil Gubernur diwakili Kepala Biro Kesra, Tjokorda Anglurah Tabanan, anggota DPRD Tabanan, Asisten II dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bupati Sanjaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gerokgak Tengah yang telah memberikan kehormatan kepada dirinya dan jajaran guna metemu wirasa dengan krama sekaligus Nyaksi Upacara Pemelaspasan dalam rangka Nangiang Ratu Ayu dan Ratu Gede di Kahyangan Jagat Pejumut. Terima kasih kepada Panitia pun disampaikan Sanjaya karena telah mengajak tokoh dan pengemong Pura setempat untuk audiensi ke kantor Bupati menyampaikan hal terkait.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pembinaan KASN Melalui UU Nomor 20 Tahun 2023

“Saya di Pemerintah sangat menyambut baik apa yang telah dilakukan krama masyarakat disini. Dikala memiliki niat yang suci dan tulus ikhlas guna mengembalikan keagungan Ratu Ayu dan Ratu Gede yang berstana disini, titiang sangat mengapresiasi. Menyangkut biaya yang telah dibicarakan kemarin, tatkala krama disini sudah kompak bersatu dan bersinergi, Pemerintah Daerah pasti akan selalu membantu dan mendukung pembangunan dari krama,” ujar Sanjaya.

Selain itu, banyak hal juga disampaikan oleh tokoh dan krama setempat terkait pembangunan kedepan. Bupati Sanjaya juga telah berkoordinasi dengan tokoh dan krama setempat guna mendiskusikan pembangunan apa lagi yang perlu dilaksanakan di wilayah setempat kedepannya. Disamping itu, konsep pembangunan yang baik harus dilakukan, apalagi pemerintah dalam menjalanakan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang di dalamnya ada 6 hal yang harus dilestarikan dari alam Bali, salah satunya adalah tentang pelestarian seni, tradisi, adat, agama dan budaya.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

“Dalam melestarikan secara sekala dan niskala dari hal tersebut, wajib pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan urunan (iuran) warga masyarakat dikala membangun seperti ini. Sradha bhakti masyarakat tiang tidak ragukan lagi, namun saya sangat prihatin dengan biaya yang dikeluarkan masyarakat karena banyaknya gelaran Yadnya. Perlulah pemerintah hadir di tengah masyarakat dikala krama kompak bersatu dan bersinergi saling asah, asih, asuh dengan masyarakat,” tegas Sanjaya.

Di kesempatan itu pula, politisi asal Dauh Pala Tabanan mengimbau kepada Bendesa Adat juga tokoh setempat agar betul-betul melaksanakan tugasnya dalam pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya setempat, khususnya Tri Kayangan. Sehingga, pemerintah tidak salah memgalokasikan anggaran ataupun memberikan bantuan kepada masyarakat. Segala pembangunan diminta Sanjaya harus berlandaskan atas konsep yang baik serta sinergi yang baik pula antara masyarakat dan pemerintah, sehingga alokasi dana pemerintah tepat sasaran.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Gelar Kompetisi Regional Instruktur Safety Riding Advisor Community 2024

“Maka dari itu saya minta kepada seluruh tokoh setempat bagaimana kita pemerintah dan masyarakat agar selalu kompak dan bersatu. Urusan apapun kita linier bersatu dan pemerintah selalu berkewajiban hadir untuk membantu dan melayani masyarakat. Apalagi kami di pemerintah juga telah memiliki catatan tentang pembangunan yang harus diwujudkan di masyarakat. Maka dari itu, mari kita kompak bersatu agar pembangunan kita khususnya di Kota Tabanan menjadi lebih baik lagi,” harap Sanjaya.

Senada dengan Bupati Sanjaya, I Wayan Astawa selaku Panitia Pemlaspasan mewakili seluruh masyarakat menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Bupati beserta jajaran. Pihaknya sangat bersyukur pemerintah hadir dalam mendukung dan membantu pembangunan di wilayahnya. Untuk kedepan, pihaknya menyatakan akan selalu bersinergi sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News