Buku Digital UMKM
Narasumber Kadek Apriada, SE., M.Si., CRM., memberikan materi mengenai Pentingnya Pembukuan Digital Untuk UMKM di Kelurahan Abianbase. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam upaya meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya perkembangan teknologi di Kelurahan Abianbase, Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Salah satu program kerja pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun 2023 di Kelurahan Abianbase adalah memberikan sosialisasi dan penyuluhan, memberikan materi mengenai pentingnya pembukuan melalui media digital, materi tentang cara melakukan pemasaran melui media digital, serta cara pembuatan desain kemasan produk menjadi lebih menarik di Kelurahan Abianbase.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh 23 orang Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar yang dibimbing oleh Ni Made Sunarsih, SE., M.Si., Ak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini penting untuk dilakukan dikarenakan masih kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam perkembangan media digital di lingkungan Kelurahan Abianbase.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan kepada pelaku UMKM di lingkungan Kelurahan Abianbase. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan cara memberikan materi yang diberikan langsung oleh narasumber dari salah satu Dosen Universitas Mahasaraswati Denpasar, Kadek Apriada, SE., M.Si., CRM., mengenai pentingnya pembukuan digital sehingga para UMKM dapat membuat pembukuan secara lebih efektif.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Kembali Berikan PMT dan APE Bagi Anak Usia Dini

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan cara memberikan materi yang diberikan langsung oleh narasumber dari salah satu mahasiswa HIPMI, Cokorda Ngurah Dwipayana mengenai Pemanfaatan Digital Marketing dalam memasarkan suatu produk di era digital saat ini.

Kegiatan penyuluhan juga dilaksanakan dengan memberikan materi dan praktek oleh narasumber dari tim pengabdi masyarakat dengan memberikan mengenai cara Pembuatan Design Packaging Digital dengan menjelaskan cara pembuatan logo dan desain kemasan suatu produk menjadi lebih menarik sehingga bisa manambah nilai jual suatu produk.

Baca Juga :  Laksana Becik Gandeng SD No. 4 Tuban, Gencarkan Program Edukasi dan Pengembangan Apotek Hidup

Kegiatan ini dilakukan oleh tim pengabdi kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Abianbase, yang dilaksanakan pada Kamis (6/4/2023)  bertempatan di Aula Kelurahan Abianbase yang di hadiri oleh perwakilan pelaku UMKM di Lingkungan Banjar Semate, Lingkungan Banjar Gaduh, Lingkungan Banjar Dangin Yeh, Lingkungan Banjar Gede, Lingkungan Banjar Sengguan, Lingkungan Banjar Cica, Lingkungan Banjar Pasekan, Lingkungan Banjar Jeroan, Lingkungan Banjar Tengah, Lingkungan Banjar Delod Pempatan, Lingkungan Banjar Kebayan, Lingkungan Banjar Dukuh, Lingkungan Banjar Bebengan.

Buku Digital UMKM
Narasumber Cokorda Ngurah Dwipayana memberikan materi mengenai Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM di Kelurahan Abianbase. Sumber Foto : Istimewa

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar ini diharapkan pelaku UMKM di Kelurahan Abinbase dapat lebih mengetahui dan memahami pentingnya pembukuan digital, cara memasarkan produk melalu media digital dan cara membuat logo serta kamsan dproduk menjadi lebih menarik.

Baca Juga :  Ciptakan Generasi Tangguh dan Mandiri, Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari I Dewa Gede Rai Wijaya, S.STP., selaku Lurah Abianbase, yang berterima kasih kepada seluruh mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar karena telah melakukan program kerja yang sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM di Kelurahan Abianbase.(Ni Made Sunarsih, S.E, M.SI., AK., selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar, bersama Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar (Ni Putu Melani Gita Sari, Luh Komang Noviartini, dan I Komang Rian Nugraha))

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News