E-Garden Library Dyapuja
Puncak Peringatan HUT Ke-44 SMP Negeri 5 Denpasar, Bunda Literasi Luncurkan E-Garden Library Dyapuja. Sumber Foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara meluncurkan E-Garden Library Dyapuja pada Puncak Perayaan HUT ke-44 SMP Negeri 5 Denpasar, Senin (3/4/2023) di sekolah setempat. Dalam acara ini juga hadir Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana

Dalam sambutannya Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, saat ini membaca bagi sebagian orang merupakan suatu yang membosankan. Padahal, tanpa disadari kegiatan membaca itu tak sekedar penguatan intelektual, tapi juga mengasah ketajaman cara berpikir secara luas. Membaca bukan hal luar biasa, tetapi hal biasa yang harus dibiasakan.

Ditambahkan sekolah juga telah menyediakan fasilitas wifi untuk mengakses buku-buku digital melalui scan barcode yang ditempel di sekitar taman SMP Negeri 5 Denpasar.

“Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan minat membaca anak-anak SMP Negeri 5 Denpasar. Saya berharap anak-anak mampu memahami arti literasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan yang menjadi bekal hidup ke depan,” ucap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Tetap Resilien dan Terjaga Stabil

Tidak lupa Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada guru yang purna tugas di SMP Negeri 5 Denpasar atas pengabdiannya di dunia pendidikan dan mendampingi anak-anak ke depan menjadi pemuda dan pemudi harapan bangsa.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara juga memberikan apresiasi atas kreativitas siswa-siswi SMP Negeri 5 Denpasar yang sudah melaksanakan kegiatan lomba-lomba HUT SMP Negero 5 Denpasar, sehingga event ini sekaligus menjadi media pembelajaran inovasi nyata dalam mem-back up hasrat generasi muda dalam berkarya, berkreasi dan berkiprah utamanya dalam melakukan ekspresi seni dan budaya yang dapat memperkaya aset warisan tak benda Kota Denpasar.

 “Atas nama pribadi dan lembaga Kota Denpasar saya mengucapkan Dirgahayu SMP Negeri 5 Denpasar ke-44 semoga SMP Negeri 5 Denpasar maju dan berprestasi meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Denpasar,” harapnya.

Sementara Kepala SMP Negeri 5 Denpasar, Dr. Putu Eka Juliana Jaya menjelaskan, peluncuran E-Garden Library Dyapuja merupakan bagian terpenting dari Puncak HUT ke-44 SMP Negeri 5 Denpasar. Hal tersebut karena, Dyapuja merupakan singkatan dari motto SMPN 5 Denpasar yakni Widya Purnam Jayanthi, yang memiliki arti filosofi, melalui ilmu pengetahuan untuk mencapai kemasyhuran.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan dan Sosialisasi PMT Bagi Kader Posyandu di Sumerta Kauh

Menurutnya, E-Garden Library Dyapuja bisa diluncurkan berkat kerja keras para Librarian dan Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar yang sangat intensif memberikan pembinaan dan pendampingan. Selain lahir E-Garden Library, para Pustakawan Kota Denpasar berperan penting dalam terbentuknya Komunitas Membaca SMP Negeri 5 Denpasar, yaitu Reading Club Spenma. Sejak Bunda Literasi Kota Denpasar dikukuhkan pada 12 November 2022 telah menjadi inspirasi penting makin bertumbuhnya minat literasi yang diejawantahkan dengan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 5 Denpasar.

“Bunda Literasi Kota Denpasar telah menjadi figure, role model, panutan, motivator, inspirator, katalisator dan influencer dalam mendorong lebih kuat gerakan literasi di SMPN 5 Denpasar,” kata Eka Juliana.

Lebih lanjut Eka Juliana mengatakan, literasi di SMP Negeri 5 Denpasar dimaknai sebagai gerakan literasi secara luas. Tidak hanya sebatas gerakan membaca dan menulis. Namun, harus bermanfaat dan berdaya guna untuk dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan valid, yang kedepannya dapat menghasilkan value added dan karya yang bernilai ekonomi, sehingga bermanfaat untuk kehidupan secara luas, terutama peningkatan kesejahteraan di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

“Saya, selaku Kepala Sekolah secara ex-officio menjadi Duta Literasi SMP Negeri 5 Denpasar, berkomitmen melanjutkan semua program dari Bunda Literasi untuk peningkatan indeks membaca di Kota Denpasar,” katanya.

Selain peluncuran E-Garden Library Dyapuja, pada puncak peringatan HUT juga digelar pelepasan bagi para guru dan pegawai yang sudah purna bakti/pindah tugas. Karena peranan seorang guru sangatlah penting dalam membimbing dan mendidik seorang anak bangsa, agar kelak menjadi insan dewasa yang berguna, tangguh, handal.

“Target sekolah kami agar lulusan kami di masa depan menjadi human capital yang kontributif bagi lingkungan lokal dan global,” tandasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News