Exit-Meeting Dengan BPK-RI
Pemkab Tabanan Exit Meeting Bersama BPK-RI Terkait Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bupati Tabanan dalam hal ini diwakili oleh Sekda Dr. I Gede Susila, S.Sos., M.Si gelar exit meeting bersama Tim Pemeriksa Terinci BPK-RI Perwakilan Provinsi Bali atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tabanan Tahun Anggaran 2022 yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai III, Kantor Bupati Tabanan, Senin (17/4/2023).

Exit meeting tersebut nampak dihadiri oleh Asisten III, Inspektur, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Para Kabag di lingkungan Setda, Para Camat serta Tim Pemeriksa Terinci BPK-RI. Adapun pemeriksaan ini memiliki tujuan untuk menilai kesesuaian penyajian laporan keuangan yang telah diinfokan kepada BPK-RI perwakilan Provinsi Bali, bedasarkan kecukupan, pemantapan dan kepatuhan terhadap peraturan.

Baca Juga :  Silaturahmi ke PDI Perjuangan Tabanan, Golkar Tabanan Diajak Makan Siang Bersama

Pengendali Teknis, Desak Made Iik Jayani, S.E., Ak.CA, yang kala itu mewakili Bapak I Gusti Ngurah Satria Perwira selaku Plt Kepala BPK RI Kantor Perwakilan Provinsi Bali, memberikan laporan terhadap pelaksanaan pemeriksaan yang telah berlangsung sejak 13 Maret sampai 14 April 2023, selama 30 hari pemeriksaan terinci.

Beberapa masukan diberikan, salah satunya terkait dengan penggunaan aplikasi sistem informasi pemerintah daerah.

“Pada tahun 2022 Pemkab Tabanan telah mulai menggunakan sistem ini, dari hasil pemantauan kami, bagaimanapun juga penggunaan sistem pertama kali pasti ada uji coba untuk melihat apa yang masih perlu diperbaiki ke depannya,” ujar Desak dalam salah satu laporannya.

Dalam menanggapi laporan yang disampaikan, mewakili Bupati Tabanan, Sekda Susila sampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan pemeriksaan ini, sebab sebagaimana yang diketahui, bahwa laporan keuangan pemerintah daerah merupakan suatu bentuk pertanggung jawaban dari pemda yang menyajikan informasi tentang posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas dan kinerja keuangan pemda. Oleh sebab itu, laporan haruslah tersaji secara handal, relevan, dapat dipahami dan dapat dibandingkan.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan Atas LKPJ TA 2023

“Untuk itu, melalui pemeriksaan terinci oleh Tim BPK-RI perwakilan Provinsi Bali, saya berharap laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan dapat memenuhi prinsip-prinsi akuntansi yang baik,” ujar Sekda Susila dalam pidato Bupati Tabanan.

“Terkait dengan draft notisi yang dimaksud, kiranya jajaran kami telah memberikan tanggapan lengkap dengan data pendukungnya, namun tentu kami menyadari masih terdapat kekurangan yang perlu mendapat perbaikan di kemudian hari, untuk itu kami selalu mengharapkan koreksi, bimbingan, dan pembinaan kepada jajaran kami melalui metode pembinaan dan pengawasan,” ujar Susila lebih lanjut.

Baca Juga :  RK Idul Fitri Turun, Warga Binaan Umat Muslim Rayakan Hari Kemenangan dengan Suka Cita

Pihaknya juga menyatakan, kesiapan Pemkab Tabanan dalam memperbaiki dan menyikapi semua arahan dan bimbingan, serta akan kami jadikan pijakan untuk penyempurnaan lebih lanjut. Oleh sebab itu, apresiasi dan rasa terima kasih disampaikannya kepada semua pihak atas kelancaran pelaksanaan pemeriksaan terinci yang telah berlangsung tersebut.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News