Pengolahan Sampah
Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar Melakukan Pelatihan Pengolahan Sampah Menjadi Kerajinan Benilai Ekonomis. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam upaya mewujudkan kebersihan lingkungan di Desa Mekar Bhuwana, Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Salah satu program kerja pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun 2023 di Desa Mekar Bhuwana adalah memberikan penyuluhan, melakukan pelatihan cara pengolahan sampah, serta melakukan pengadaan tempat sampah organik dan anorganik di Desa Mekar Bhuwana.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh 23 orang Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar yang dibimbing oleh Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, SE., M.Si. Kegiatan pengabdian masyarakat ini penting untuk dilakukan dikarenakan masih kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam melakukan pemilahan dan pengolahan sampah di lingkungan Desa Mekar Bhuwana.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Dasar No. 4 Mekar Bhuwana dan beberapa rumah tangga di lingkungan Desa Mekar Bhuwana. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan cara memberikan kuisioner, memberikan brosur serta menjelaskan mengenai pentingnya melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik kepada ibu rumah tangga di Desa Adat Tingas, Desa Adat Lambing, Desa Adat Samu, Desa Adat Bindu dan Desa Adat Sigaran.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

Kegiatan pengadaan tempat sampah dilakukan di Subak Gaga dan Subak Uma Desa Mekar Bhuwana. Kegiatan penyuluhan juga dilaksanakan di SD No. 4 Mekar Bhuwana dengan cara menjelaskan mengenai pentingnya melakukan pemilahan sampah, dan dampak yang ditimbulkan akibat tidak melakukan pemilahan sampah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dilanjutkan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan kerajinan yang bernilai ekonomis.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar ini diharapkan masyarakat Desa Mekar Bhuwana lebih mengetahui dan memahami pentingnya pemilahan serta pengolahan sampah organik dan anorganik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda
Pengolahan Sampah
Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar Melakukan Penyuluhan kepada Rumah Tangga di Desa Mekar Bhuwana. Sumber Foto : Istimewa

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari I Wayan Wingharta, S.H., selaku Perbekel Mekar Bhuwana, yang berterimakasih kepada seluruh mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar karena telah melakukan program kerja yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Mekar Bhuwana.(Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, SE., M.Si., Dosen Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, SE., M.Si)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News