Festival Semarapura 2023
Buka Festival Semarapura 2023, Wagub Cok Ace Sebut Klungkung Daerah Strategis. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atas nama Pemerintah Provinsi Bali mengucapkan selamat atas dihelatnya Semarapura Festival 2023 yang digelar serangkaian Hari Puputan Klungkung ke-115 dan HUT ke-31 Kota Semarapura.

“Ini adalah hari berbahagia dan pelaksanaan Festival ini adalah langkah strategis dan tepat dalam Upaya pelestarian budaya Bali khususnya di Klungkung serta memberi ruang pada UMKM lokal,” kata Wagub Bali saat membuka Semarapura Festival 2023 di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung pada Jumat (28/4/2023) petang.

Kabupaten Klungkung khususnya menurut Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini, merupakan kabupaten yang strategis, dengan perjalanan sejarah panjang.

“Berbangga Saya dengan hal tersebut, masyarakat Klungkung juga harus lebih bangga,” tandasnya menyinggung sejarah Kerajaan Gelgel yang pada waktu itu merupakan pusat kerajaan di Bali dan masa keemasan kerajaan ini tercipta pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong.

Baca Juga :  The Apurva Kempinski Bali dan Samsara Living Museum Hadirkan Pameran Lontar Kitab Sutasoma

Lebih jauh, Wagub Bali juga menyebut posisi dan latar belakang Klungkung yang begitu strategis pulalah yang membuat Pemerintah Provinsi Bali menetapkan kawasan yang terkenal dengan kuliner Serombotan tersebut sebagai lokasi berdirinya Pusat Kebudayaan Bali (PKB) yang pembangunannya kini sedang berlangsung.

“Jika PKB nanti selesai, astungkara 2025, tentu akan banyak menyerap tenaga kerja. Jadi saya mengajak anak-anak muda, adik-adik dan masyarakat lain siapkan diri untuk mendukung dan berpartisipasi ambil bagian dalam beroperasinya PKB. Jangan jadi penonton saja,” tukasnya.

Baca Juga :  10 Peserta Ikuti Lomba Baleganjur HUT Ke-420 Kota Singaraja

“Sekali lagi, selamat atas HUT Kota Semarapura dan Hari Puputan Klungkung. Mari bersama-sama membangun Bali Era Baru,” tutup Wagub Cok Ace.

Sementara itu, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menjelaskan, Festival Semarapura 2023 yang dilaksanakan secara kolektif bersama seluruh OPD dan stakeholder hingga Seniman lokal, merupakan pertanda kebangkitan Klungkung dari masa pandemi yang sempat melanda selama 3 tahun.

“Tujuannya, memberikan ruang bagi UMKM lokal, Seniman, anak muda, dan seluruh masyarakat untuk menyalurkan kreativitasnya,” tandas Suwirta.

Semarapura Festival 2023 akan digelar selama 4 hari, mulai Jumat (28/4/2023) hingga Senin (1/5/2023) dengan menyajikan beberapa atraksi budaya. Misalnya pementasan solah barong sebarung, pementasan gong kebyar anak-anak, dewasa, dan wanita. Termasuk berbagai pameran dan hiburan.

Baca Juga :  Jadi Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekda Alit Wiradana Buka Grand Final Gempita Anak Kota Denpasar Tahun 2024

Hadir pula dalam prosesi pembukaan tersebut, Penglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semaraputra, Kepala Kantor BI Bali, Trisno Nugroho, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bali, Komang Sri Marheni, Ketua Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, I Nyoman Kenak, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Ngurah Pemayun dan Forkopimda Kabupaten Klungkung.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News